Salin Artikel

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup pada Malam Tahun Baru 2019

KOMPAS.com - Jelang malam pergantian tahun, beberapa orang ingin merayakannya dengan kegiatan menyenangkan, misalnya dengan naik gunung.

Salah satu gunung yang menjadi lokasi favorit untuk pendakian yakni Gunung Merbabu. Gunung ini terletak di sekitar wilayah Kota Boyolali, Jawa Tengah.

Namun, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Edy Sutiyarto menegaskan bahwa semua jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup sementara.

"Sejak Minggu (30/12/2018) sore kemarin kami tutup semua jalur pendakian Gunung Merbabu, karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat," ujar Edy saat dihubungi Kompas.com pada Senin (31/12/2018).

"Ada badai dan hujan yang bisa mengancam keselamatan dan keamanan calon pendaki. Akan dibuka kembali apabila cuaca sudah membaik atau normal," kata Edy.

Menurut Edy, berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hampir seluruh gunung di Jawa sedang alami kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Selain itu, BTNGMb juga menginformasikan penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu melalui surat edaran SE.709/T.35/TU/EVLAP/2018 yang diunggah di akun Instagram, @tngunungmerbabu_official pada Senin (31/12/2018).

https://regional.kompas.com/read/2018/12/31/14025811/jalur-pendakian-gunung-merbabu-ditutup-pada-malam-tahun-baru-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke