Salin Artikel

Gempa di Mimika Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Diimbau Tetap Tenang

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG di Jakarta, Rahmat Triyono, dalam rilisnya menyebutkan, gempa terjadi pukul 14.16 WIB atau 16.34 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,1 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,0.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,75 lintang selatan dan 137,09 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 km arah tenggara Kota Timika, Kabupaten Mimika, pada kedalaman 39 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Rahmat.

Dijelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Mimika ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan turun mendatar (normal oblique).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Timika dalam skala intensitas III MMI.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 16.55 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2018/11/13/17180281/gempa-di-mimika-tidak-berpotensi-tsunami-warga-diimbau-tetap-tenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke