Salin Artikel

Silvia, Remaja yang Berbobot 179 Kg Ingin Kembali ke Sekolah... (3)

Dia bahkan tak lagi datang ke sekolah sejak kelas empat Sekolah Dasar (SD) lantaran merasa malu dengan kondisi yang dialami. Namun setelah lama berselang, Silvia kembali mengungkapkan keinginan dirinya untuk bisa kembali menuntut ilmu.

“Kami kemarin sudah melihat kondisi Silvia dan memang benar dia sempat mengatakan kepengen kembali bersekolah,” ujar Camat Bluluk, Syam Teguh Wahono, Rabu (17/10/2018).

Bahkan Syam mengatakan, pihaknya dalam hal ini pemerintahan daerah sudah bersiap memfasilitasi bila memang Silvia berkeinginan melanjutkan sekolah. Mereka sudah menjalin komunikasi awal dengan instansi serta dinas terkait.

“Saya sendiri sudah bicara dengan UPT Dinas Pendidikan terkait kelanjutan pendidikan Silvia yang tingkat SD saja tidak sampai lulus. Kalau sudah ada niatan seperti itu kan enak, tinggal bagaimana prosesnya, ini yang masih kami bahas,” tuturnya.

“Pak Bupati sendiri bahkan sudah sempat menghubungi saya supaya membantu Silvia agar bisa kembali bersekolah untuk mendapatkan ilmu dan ijazah sebagaimana anak-anak lainnya,” lanjut dia.

Meski demikian, selain pendidikan yang menjadi fokus bantuan, pihak kecamatan dan pemerintahan terkait juga tengah fokus dalam menjaga serta mengontrol berat badan Silvia, dengan cara pemeriksaan lebih lanjut.

“Karena tidak menutup kemungkinan, masih ada hal-hal yang tidak kami ketahui. Sebab kemarin itu kan masih baru pemeriksaan awal, sehingga kami dengan Dinas Kesehatan mengupayakan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit yang memiliki kompetensi untuk itu,” tutur dia.

Bersambung ke halaman dua

Dengan selanjutnya, Silvia bakal segera diboyong untuk melakukan pemeriksaan dan cek kesehatan, sekaligus upaya untuk mengobati obesitas yang dialaminya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soegiri.

“Fokus kami saat ini memang bagaimana memastikan kesehatan Silvia dulu, baru setelah semua selesai dilaksanakan baru beralih ke soal pendidikan. Sebab saya lihat, keluarga Silvia sendiri juga dari kalangan kurang mampu,” ujar Syam.

Lantaran masih belum memiliki ijazah setingkat SD, karena tidak menyelesaikan sekolah waktu itu. Menurut rencana, Silvia bakal lebih dulu disarankan untuk mengikuti program belajar paket B, baru kemudian program belajar yang lain.

Adapun hal ini disambut gembira oleh pihak keluarga Silvia. Mulai dari Musri (47) yang merupakan ibu kandung Silvia, dan Nurul Diah Setyowati (27), kakak kandungnya, mendukung Silvia untuk kembali belajar menuntut ilmu.

“Kalau soal itu (kecerdasan), adik tidak beda dengan anak-anak lain. Saya kira dia bisa, sebab dia juga bisa membaca, menulis, dan berhitung, hanya memang pemalu orangnya. Apalagi dengan bentuk tubuhnya, membuat dia semakin malu. Tapi kemarin dia sudah sempat ngomong, ingin kembali sekolah,” ucap Nurul.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/17/12163091/silvia-remaja-yang-berbobot-179-kg-ingin-kembali-ke-sekolah-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke