Salin Artikel

Wiranto: Korban Luka Berat, Segera Angkat ke Makassar

Instruksi ini disampaikan dalam rapat koordinasi seluruh petugas yang terlibat dalam operasi penanganan bencana di Palu, Donggala dan sekitarnya, Kamis (4/10/2018).

"Untuk yang luka-luka, terutama yang luka berat, saya minta diangkut ke rumah sakit lanjutan di Makassar karena tidak bisa ditangani di sini. Patah tulang terbuka, angkat ke Makassar. Yang sudah diangkat, sudah ratusan," ungkap Wiranto di Palu seperti ditayangkan di KompasTV.

Sementara itu, para korban yang mengalami luka ringan ditampung di rumah sakit-rumah sakit yang dapat melakukan terapi hingga tuntas. Menurut Wiranto, ada lima rumah sakit yang siap menangani.

"Setelah saya cek cukup dokter, obat-obatan dan fasilitas, terutama penerangan. Ada keluhan, kadang-kadang listrik mati hidup, saya minta prioritas pertama saat jaringan sudah dapat dibangun. RS jadi prioritas utama soal listrik," tuturnya.

"Obat-obatan kurang, kami datangkan dari pusat. Ibu Menkes bilang obat-obatan ada, tapi belum diangkut. Saya katakan, kalau ada, angkut sekarang. Kita punya alat angkut berlebih," tambah dia.

Di daerah terpencil, lanjut Wiranto, seperti di 4 kecamatan di Sigi yang hanya dapat dijangkau helikopter juga akan menjadi prioritas. Kebutuhan utama, seperti makanan, minuman dan obat-obatan akan segera diberangkatkan dengan helikopter.

"Hari ini segera dimulai, termasuk bagaimana kami ingin tenaga medis bisa sampai ke situ," ujar Wiranto.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/04/13345131/wiranto-korban-luka-berat-segera-angkat-ke-makassar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke