Salin Artikel

5 BERITA POPULER NUSANTARA: Rektor Unhas Minta Maaf hingga 2 Bandara di DIY

KOMPAS.com - Berita terpopuler di Kompas.com pada hari Jumat (21/9/2018) diwarnai dengan topik paket salah alamat yang menjadi viral di Yogyakarta.

Lalu berita tentang sejumlah fakta pasca pelantikan kepala daerah di Jawa Barat mendapat sorotan pembaca.

Peristiwa tentang membludaknya pengunjung saat acara kuliah umum Mahfud MD di Universitas Hasanuddin (Unhas) membuat rektor menyampaikan permintaan maaf. Mengapa?

Berikut lima berita populer yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia hari kemarin.

Polisi menduga ada seseorang ataupun pihak tertentu yang sengaja membuat informasi hoaks tetang paket yang salah kirim ke seorang pengusaha pakaian di Yogyakarta.

Isu hoaks tersebut hingga menyebabkan keresahan di masyarakat karena menjadi viral di media sosial.

"Ada paket datang, oleh Ibu Ulfa tidak diterima karena tidak merasa memesan, lalu dikembalikan ke pihak ekspedisi. Sikap Ibu Ulfa sudah benar, dan sampai di situ sebenarnya tidak ada yang salah," ujar Direktur Ditreskrimum Polda DIY Kombes Hadi Utomo dalam jumpa pers, Kamis (20/09/2018).

Pasca dilantik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, enam pasangan kepala daerah mengungkapkan rencana dan program andalan mereka.

Acara pada Kamis pagi (20/9/2018) tersebut juga mengungkap fakta tentang Bupati Purwakarta yang sedang mengandung 7 minggu saat mengikuti prosesi pelantikan.

Lalu tetes air mata Ridwan Kamil juga luruh ketika melantik sahabat seperjuangan saat menjadi Wali Kota Bandung. Siapakah dia dan mengapa Kang Emil menangis?

PT Angkasa Pura I akan mengoperasikan dua bandara udara di Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus dalam waktu dekat. 

Selain bandara Adisutjipto yang saat ini masih terus beroperasi, AP I akan mengoperasikan bandara baru New Yogyakarta International Airport ( NYIA) di Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo.

Bandara Adisucipto akan melayani penerbangan domestik dan NYIA akan melayani penerbangan luar negeri dan beberapa penerbangan domestik.

“Daya tampung NYIA siap. Tapi, penentuan maskapai apa saja baru dalam pembicaraan. NYIA lebih pada internasional,” kata Agus Pandu Purnama, General Manager AP I untuk Adisutjipto, Kamis (20/9/2019).

Lalu, kapan kedua bandara tersebut beroperasi?

Hadi Prabowo resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan setelah dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Griya Agung, Palembang, Jumat (21/9/2018).

Tjahjo mengatakan, pelantikan Hadi Prabowo sebagai Pj Gubernur Sumsel untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah setelah Alex Noerdin mundur dari jabatan karena masuk sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) 2019 untuk dapil 2 Sumsel.

“Kami inginnya pelantikan Gubernur terpilih secepatnya, namun sampai sekarang masih dipersiapkan oleh Sesneg. Jadi harus di isi oleh Pj terlebih dahulu,” kata Tjahjo.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD datang ke Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (20/9/2018), untuk memberikan kuliah umum.

Kedatangannya disambut dengan sangat antusias oleh ratusan sivitas akademika yang terdiri dari rektor, guru besar, dosen, dan mahasiswa.

Mereka memadati aula rektorat, bahkan ada peserta kuliah umum sampai berdiri karena tidak kebagian kursi.

Sementara itu, di luar aula, masih banyak orang berdiri untuk mendengarkan ceramah Mahfud melalui layar monitor televisi yang dipasang di hall gedung rektorat di Lantai 2 Kampus Unhas Tamalan Rea, Makassar.

Lalu Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina meminta maaf kepada Mahfud MD. Mengapa?

Sumber: Kompas.com (Wijaya Kusuma, Michael Hangga Wismabrata, Dani Julius Zebua, Aji YK Putra, Caroline Damanik)

https://regional.kompas.com/read/2018/09/22/06034511/5-berita-populer-nusantara-rektor-unhas-minta-maaf-hingga-2-bandara-di-diy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke