Salin Artikel

5 Fakta Kepala Daerah Jabar Usai Dilantik, Dukung Jokowi hingga Lanjutkan "PR"

KOMPAS.com — Enam pasangan kepala daerah di Jawa Barat sudah dilantik pada Kamis pagi (20/9/2018) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Suasana haru mewarnai acara pelantikan tersebut saat Ridwan Kamil melantik sahabat dan sekaligus rekan kerjanya, Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Selain itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika diketahui sedang mengandung tujuh minggu saat pelantikan. Usai dilantik, dirinya menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Berikut sejumlah fakta terkait kepala daerah baru di Jawa Barat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengaku mendapat kebahagiaan dua kali lipat. Pasalnya, dirinya dilantik ketika sedang mengandung.

"Semua keluarga bisa hadir, termasuk dalam kandungan saya ini. Ada dede bayi ikut 'dilantik' juga. Saya tambah semangat untuk bekerja," jelas Ambu, panggilan Anne, kepada Kompas.com, Kamis siang.

Sebagai seorang ibu, Anne juga mengaku sempat khawatir apabila rangkaian acara formal dalam pelantikan dirinya akan sering mual dan kelelahan. Dirinya pun meminta izin untuk tidak ikut arak-arakan.

"Kata dokter saya dianjurkan untuk tidak ikut dalam rangkaian yang bersifat ada gerakan berlebih. Apalagi, kalau ikut pawai delman tadi pasti ada goncangan. Makanya, saya mohon maaf kepada panitia dan meminta izin," katanya.

Suasana haru menyelimuti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melantik Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat, tampak berlinang air mata saat berjabat tangan dengan Oded dalam prosesi pelantikan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kamis (20/9/2018).

"Terharu, khususnya pas momen dengan Mang Oded, yang dulu sama-sama berjuang," kata Emil saat ditemui di Gedung Sate.

Oded merupakan tandem Ridwan Kamil saat memimpin Kota Bandung pada periode 2013-2018.

Anne Ratna Mustika resmi menjabat sebagai bupati Purwakarta periode 2018-2023. Seusai dilantik, Anne segera menyatakan dukungannya kepada pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden RI Joko Widodo-Ma’ruf Amin saat Pilpres 2019.

“Kalau melihat dari partai pengusung, saya sih dukung Pak Jokowi,” ujar Anne, Kamis siang.

Diminta atau tidak oleh partai, Anne mengatakan dirinya siap untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

“Harus. Pokoknya Purwakarta untuk Pak Jokowi,” kata istri Dedi Mulyadi, mantan Bupati Purwakarta dua periode sebelumnya.

4. Wali Kota Bandung Oded akan selesaikan "PR" Kang Emil

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, dia dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana akan langsung bekerja menyelesaikan berbagai permasalahan di Kota Bandung yang belum tuntas dikerjakan wali kota Bandung sebelumnya, Ridwan Kamil.

“Kota Bandung masih banyak PR yang harus kami selesaikan dan kami tuntaskan. Maka Mang Oded dan Kang Yana Insya Allah sudah siap menuntaskan PR-PR yang ada di Kota Bandung,” kata Oded usai acara pelantikan.

Oded memberi contoh sejumlah permasalahan di Kota Bandung yang harus segera dibenahi secepat-cepatnya.

“Dari mulai lingkungan, persampahan, banjir, harus kami laksanakan pembangunan agar PR itu bisa diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, masalah lainnya yang tidak kalah krusial di Kota Bandung adalah pengentasan kemacetan.

Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan memberi perhatian lebih terhadap generasi muda di Bandung Barat. Pemeran film Buruan Cium Gue itu akan membangun KBB Creative Center bagi generasi milenial.

“Ke depan saya akan membangun ruang kreatif untuk anak muda KBB dengan nama KBB Creative Centre. Di situ anak muda berkumpul kemudian boleh menyampaikan apa yang jadi hobi bakat minatnya, baru kami arahkan,” jelasnya.

Menurut Hengky, KBB Creative Center adalah bukti dirinya menepati janjinya saat berkampanye.

“Di janji kampanye, saya berjanji anak muda KBB harus diberikan ruang karena anak muda KBB selama ini tidak diberikan ruang,” katanya.

Sumber: KOMPAS.com (Irwan Nugraha, Putra Prima Perdana, Dendi Ramdhani)

https://regional.kompas.com/read/2018/09/21/05000001/5-fakta-kepala-daerah-jabar-usai-dilantik-dukung-jokowi-hingga-lanjutkan-pr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke