Salin Artikel

7 Fakta Pengibaran Merah Putih, dari di Dalam Air hingga Sempat Terbalik

KOMPAS.com - Usia kemerdekaan Indonesia sudah 73 tahun, tak lagi muda namun bukan berarti Indonesia bangsa yang renta.

Hal tersebut tampak saat melihat cara warga mengibarkan bendera yang ada di seluruh penjuru Indonesia. 

Ada yang mengibarkan di lereng bukit, di dalam air, bahkan ada yang membentangkan melintasi sungai selebar ratusan meter. Bahkan, ada juga yang terbalik saat mengibarkannya.

Berikut tujuh peristiwa terkait pengibaran bendera merah putih untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73.

1. Sang Saka berkibar di Istana Negara

Tepat pukul 10:00 WIB, Presiden Joko Widodo bersama 6.250 tamu undangan secara khidmat mengikuti upacara bendera di hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-73 di Istana Negara.

Upacara kenegaraan tersebut diimulai dengan tembakan meriam dan di lanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi. Presiden dan para pejabat mengenakan baju adat adat sebagai simbol keragaman bangsa Indonesia.

Hari ini, 73 tahun yang lalu, Soekarno dan Mohammad Hatta mendeklarasikan kemerdekaan dan kebebasan Indonesia dari penjajahan.

2. Bendera merah putih membentang sepanjang 520 meter di atas Sungai Mentaya

Polres Kotawaringin Timur membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 520 meter di sungai Mentaya, di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Senin (16/07/2018).

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Mohammad Rommel mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72.

Bendera Merah Putih dibentangkan mulai dari Ikon Kota Sampit, Patung Ikan Jelawat, kemudian menyeberangi Sungai Mentaya, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Untuk membentangkan bendera tersebut, diperlukan 10 kapal penarik berupa tug boat.

3. Merah putih menyelimuti kantor polisi

Setelah terpanjang di Kalimantan, merah putih sepanjang 135 meter menyelimuti gedung Polres Kota Tangerang di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten.

Bendera dengan lebar 35 dan panjang 135 meter itu memiliki bobot sekitar 500 kilogram itu akan menutup gedung Polresta Tangerang selama bulan Agustus.

"Menyelimuti ini pertanda semarak kemerdekaan dan merah putih ini menyelimuti nuansa kerja anggota Polresta Tangerang atau bisa dimaknai dengan jiwa kita yang merah-putih," kata Kapolres Kota Tangerang Sabilul Alif saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/8/2018).

Bendera dengan lebar 13 meter itu dibuat selama satu bulan melalui kerja sama unit kegiatan masyarakat dan ibu-ibu Bhayangkari.

"Ide awalnya, pertama karena semangat nasionalisme dan kedua karena tempat kita akan jadi tempat salah satu cabang olahraga di Asian Games, tentathlon," kata Sabilul.

4. Bendera merah putih berkibar di tebing tertinggi di Jawa Timur

Bendera merah putih berukuran raksasa berkibar di tebing tertinggi di Jawa Timur, yaitu tebing Gunung Sepikul di Kabupaten Trenggalek, Rabu (16/8/2018).

Bendera ditancapkan di lereng di ketinggian sekitar 300-400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

“Hari ini kami mengajak seluruh perwakilan elemen masyarakat serta komunitas untuk mengikuti pengibaran bendera merah putih di tebing Sepikul ini,” ujar Wakil Bupati Trenggalek Muchammad Nur Arifin, seusai prosesi pengibaran di lokasi.

Pengibaran di lereng bukit tersebut inisiati dari sejumlah komunitas pemanjat tebing dam organisasi kepemudaan dari berbagai wilayah di Jawa timur.

5. Bendera merah putih untuk warga di Merauke

Jajaran Kepolisian Resor Merauke menyambangi dan memberikan bendera merah putih kepada warga yang tinggal di daerah pintu air dan transito di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Aksi tersebut berawal dari masih sedikitnya bendera merah putih yang berkibar di wilayah tersebut. Seperti diketahi, wilayah tersebut dihuni oleh warga dari suku asli Mappi dan Asmat.

Pembagian bendera tersebut diharapkan dapat mengajak warga di wilayah tersebut untuk turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Saya harapkan kepada seluruh warga masyarakat pintu air dan transito yang telah diberikan bendera merah putih segera pasang jangan disimpan lagi," kata Kaurbin Ops Satpolair Polres Merauke Ipda Dani, Kamis (9/8/2018).

6. Berkibar di sumber mata air sedalam tiga meter

Sejumlah anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0723/Klaten, Letnan Kolonel Eko Setyawan, melakukan upacara bendera di dalam air di Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (17/8/2018).

Dikutip dari siaran resmi markas Komando Daerah Militer IV Diponegoro, Jumat (17/8/2018), sejumlah tentara tampak berbaris di dalam air dengan bantuan alat selam.

Mereka berdiri mengelilingi tiang bendera yang berada tepat di tengah area sumber mata air sedalam kurang lebih 3 meter.

Prosesi upacara bendera seluruhnya berlangsung di dasar air. Tiga tentara bertugas mengibarkan bendera berenang dari berbagai sudut untuk mendekati tiang bendera.

Setibanya di depan tiang bendera, tiga tentara memberikan hormat, kemudian mengucap ikrar di dasar air.

Upacara bendera kemudian ditutup dengan atraksi berenang dan menyelam di dalam air sembari membawa bendera merah putih.

7. Bendera merah putih terpasang terbalik di Kantor Balai Kota Palopo

Bendera Merah Putih sempat berkibar terbalik di Kantor Balaikota, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (7/8/2018). Kasus tersebut sempat tertangkap warganet dan viral di media sosial.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palopo segera menginstruksikan untuk membetulkan posisi bendera

"Tadi pagi bendera dipasang sejak pukul 07.00 Wita namun baru terlihat oleh staf pada pukul 10.00 Wita. Ini ada kesalahan, untuk itu kami akan berikan sanksi pada staf kami tersebut,” kata dia saat dikonfirmasi Kompas.com di kantornya, Selasa (7/8/2018).

Sumber KOMPAS.com: Ihsanuddin, Kurnia Tarigan, Rima Wahyuningrum, Slamet Widodo, Irsul Panca Aditra

https://regional.kompas.com/read/2018/08/17/19161921/7-fakta-pengibaran-merah-putih-dari-di-dalam-air-hingga-sempat-terbalik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke