Salin Artikel

5 Berita Terpopuler Nusantara, Gadis Disekap Selama 15 Tahun hingga Menteri Panik Saat Gempa

KOMPAS.com - Hasni akhirnya bebas dari penculikan selama 15 tahun. Hasni ditemukan di celah bebatuan besar di atas gunung oleh terduga pelaku, Jago. Perkembangan kasus ini terus diikuti pembaca Kompas.com. 

Update terbaru bencana gempa bumi di Lombok, NTB, juga terus dinanti oleh para pembaca. Hingga kemarin, jumlah korban tewas dilaporkan mencapai 98 orang.

Sementara itu, para menteri juga tak kalah paniknya saat gempa terjadi. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly bersama para delegasi dari berbagai negara sibuk menyelematkan diri saat gempa mengguncang Lombok.

Berikut lima berita terpopuler yang ada di Kompas.com pada hari kemarin:

1. 15 tahun disekap di gunung, Hasni ditemukan selamat

Tahun 2003 Hasni tak lagi pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarganya. Keluarga tak punya petunjuk apapun untuk melacak keberadaan Hasni.

Pada hari Minggu (5/8/2018), polisi dari Polsek Dakopamean mengikuti informasi warga dan akhirnya menemukan keberadaan Hasni. Hasni disekap di bawah celah bebatuan besar di sebuah gunung di Desa Bajungan, Kecamatan Galang, Sulawesi Tengah.

Meskipun selamat, kondisi psikis Hasni harus dipantau. Polisi juga sudah mengamankan tersangka yang tak lain adalah tetangga korban.

Tersibaknya kasus tersebut berawal dari informasi yang berkembang di masyarakat terkait kebiasaan pelaku yang membawa perempuan remaja ke rumahnya.

Baca berita selengkapnya di sini

 

2. Para menteri berlarian saat gempa terjadi di Lombok

Acara makan malam para peserta Indonesia-Australia Ministerial Council Meeting (MCM) on Law and Security dan Sub Regional Meeting On Counter Terrorisme (SRM ON CT), di Hotel Astoria, Mataram, mendadak bubar setelah gempa mengguncang.

Para menteri dan tamu undang berlarian keluar untuk menyelamatkan diri, termasuk Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Pertemuan tersebut rencanaya membahas ancaman terorisme dan penanggulangannya. Acara ini diikuti oleh sejumlah delegasi dari Indonesia, Australia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Baca berita selengkapnya di sini

 

3. Korban gempa Lombok tewas karena tertimpa bangunan

Jumlah korban meninggal dunia pada hari Senin (6/8/2018) pukul 04.00 Wita tercatat 82 orang. Sebagian besar korban meninggal dari gempa bumi Lombok akibat tertimpa bangunan yang roboh.

"Daerah yang terparah adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, dan Kota Mataram," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Pada Senin (6/8/2018) sore, BNPB memperbarui jumlah korban meninggal dunia bertambah tujuh orang.

Tujuh korban meninggal dunia tersebut berada di Lombok Barat. Dengan demikian total korban meninggal dunia saat ini berjumlah 98 orang dan 236 luka-luka.

"Korban meninggal dunia bertambah tujuh orang. Total 98 orang meninggal dunia," ujar Sutopo saat memberikan keterangan pers di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018) sore.

Baca berita selengkapnya di sini

 

4. Misteri kasus Hasni yang disekap penculiknya selama 15 tahun

Ada kejanggalan yang belum terungkap oleh polisi dalam kasus Hasni di Tolitoli, Sulawesi Tengah. Hasni disekap penculiknya di celah bebatuan besar di atas gunung yang terpencil selama 15 tahun.

Hasni ditemukan selamat namun kondisi kejiwaannya terguncang. Polisi mengamankan sejumlah barang bukti di lokasi penyekapan Hasni. Jago (83), terduga pelaku penculikan, juga turut diamankan.

Pelaku yang tinggal dekat rumah korban masih diperiksa. Di lokasi Hasni ditemukan, polisi juga menemukan tengkorak. Polisi menduga Hasni menjadi tumbal untuk praktik ilmu hitam.

Baca berita selengkapnya di sini

 

 

5. Kepanikan Menteri Yasonna Laoly saat gempa

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, menceritakan begitu hebatnya gempa yang mengguncang Lombok pada hari Minggu (5/8/2018) lalu.

Yasonna sedang menghadiri acara makan malam di lantai 12, Hotel Astoria, Mataram, bersama sejumlah delegasi dari berbagai negara.

Para delegasi tersebut rencananya akan mengikuti acara Indonesia-Australia Ministerial Council Meeting (MCM) on Law and Security dan Subregional Meeting On Counter Terrorisme (SRM ON CT).

Saat gempa terjadi, para tamu langsung berhamburan keluar menyelamatkan diri. Menurut Yasonna, goncangan yang kuat menyebabkan meja bergoyang hingga piring-piring di atasnya terpelanting ke sana ke mari.

Baca berita selengkapnya di sini

https://regional.kompas.com/read/2018/08/07/11534971/5-berita-terpopuler-nusantara-gadis-disekap-selama-15-tahun-hingga-menteri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke