Salin Artikel

Ribuan Pemudik Sudah Sampai Terminal Dagsinarga di Gunungkidul

Kepala UPT Terminal Dagsinarga Wonosari Muh Edy Lestari mengatakan, sampai Minggu (10/6/2018) malam, jumlah pemudik masuk terminal Dagsinarga sebanyak 1.100 orang dengan menggunakan 266 bus baik Antar Kota Antar Propinsi (AKDP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP).

"Memang yang turun di terminal tidak banyak, sebagian besar turun di jalan seperti Patuk, dan Playen," katanya ditemui di kantornya Senin (11/6/2018).

Sebagian besar bus yang masuk sebagian besar merupakan bus carteran mudik gratis yang digelar oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, maupun swasta. Total sampai pagi tadi 45 bus carteran untuk membawa pemudik.

"Untuk pagi tadi 404 orang yang turun, data ini belum masuk ke data hari ini. Jika ditotal mungkin sudah lebih dari 1500 an orang selama tiga hari terakhir,"imbuhnya.

Edy mengatakan, pihaknya menghimbau agar bus pengangkut pemudik untuk menurunkan penumpangnya di terminal. Hal ini agar memudahkan untuk pemantauan, dan keamanan para pemudik. "Jangan sampai diturunkan di jalanan,"imbuh dia.

Pengelola Teknologi Informasi UPT Terminal Dagsinarga, Bayu Setiawan menambahkan, rata-rata bus jurusan Jabodetabek datang tepat waktu, sekitar dini hari sampai menjelang pagi.

"Sampai saat ini masih lancar sehingga bus yang berangkat dari Jakarta sekitar jam 10 pagi sampai di sini dini hari, yang terakhir sekitar pukul 05.00 WIB. Kalau besok kami belum mengetahui apakah masih lancar atau macet," ucapnya.

DIa mengatakan, pihak terminal sudah mempersiapkan petugas selama 24 jam penuh untuk mengantisipasi kedatangan bus yang mengangkut para pemudik.

"Kami bekerja 24 jam, pak Edy (Kepala UPT Terminal) saja baru pagi tadi pulang, siang ini sudah disini lagi,"katanya.

Sementara salah seorang pemudik asal Palembang, Marisa, mengaku memilih bus karena tarifnya lebih terjangkau dibanding transportasi lain.

Meski diakuinya harus lebih lama di perjalanan. Dirinya pulang ke Kecamatan Ponjong bersama seorang anaknya. "Baru pagi tadi datang, dari sana hari Sabtu. Jalannya padat," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2018/06/11/14573311/ribuan-pemudik-sudah-sampai-terminal-dagsinarga-di-gunungkidul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke