Salin Artikel

Kena Tumor Lutut, Nesya yang Periang Terpaksa Ujian Nasional di Rumah

Nesya Erwindi (11) sang buah hati, harus mengikui ujian di rumah karena mengidap tumor di lututnya. Rambut anaknya yang dulu hitam berkilau kini berubah pirang dan banyak yang rontok.

“Sakitnya di bagian lutut. Gejalanya muncul sekitar lima bulan lalu. Kini Ia tidak lagi leluasa untuk bergerak,” kata Neneng sembari mengelap air mata, Kamis (3/5/2018).

Berbekal sebuah meja kayu, Nesya duduk bersila. Ia tampak serius mengerjakan satu per satu soal ujian hari pertama, Bahasa Indonesia. Cuaca yang semula terik berubah mendung saat guru pendamping menyatakan ujian dimulai.

Neneng mengungkapkan, sulung dari dua bersaudara itu sebelumnya mengeluhkan sakit di bagian kaki. Setelah dilakukan pemeriksaan, anaknya diduga menderita tumor. Serangkaian pengobatan pun harus dilakukan di beberapa daerah.

Akibat sel-sel tumor yang hinggap ditubuhnya, membuat fisik Nesya menjadi lemah. Untuk bepergian Ia harus menggunakan kursi roda. Keseharian Nesya pun langsung berubah drastis.

Dari seorang gadis yang periang dan aktif dalam kegiatan sekolah, kini Nesya hanya bisa melakukan gerakan yang terbatas. Beberapa buku bacaan menjadi pilihan untuk menemani kesehariannya di rumah.

“Dulunya Nesya termasuk anak berprestasi. Pernah juara kelas, dan paling jauh masuk lima besar,” ungkap sang ibu.

Kehidupan ekonomi yang pas-pasan kini terasa semakin berat saat melihat sang buah hati yang kehilangan kegembiraannya. “Mudah-mudahan diberi kesembuhan oleh Allah,” harap Neneng.

Guru SD Negeri 14 Pangkal Pinang, Dewi, mengaku terharu dengan semangat yang diperlihatkan Nesya selama mengikuti ujian.

“Anak ini dulu aktif dalam kegiatan sekolah. Bahkan pernah juara dalam tim marching band. Ini memang tidak pernah kita sangka,” ujar Dewi.

Kini seluruh aktivitas yang biasanya dilakoni putri dari seorang buruh bangunan tersebut tinggal kenangan.

Perawatan berkelanjutan serta bantuan dermawan sangat diharapkan agar Nesya Erwindi kembali menjalani kehidupannya secara normal.

https://regional.kompas.com/read/2018/05/03/13110121/kena-tumor-lutut-nesya-yang-periang-terpaksa-ujian-nasional-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke