Salin Artikel

Gunung Ijen Keluarkan Gas Beracun, Sejumlah Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Saat dihubungi Kompas.com, Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ade Setiawan membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak Resor TWA Ijen/KSDA Gunung Ijen.

"Warga yang keracunan gas adalah warga Kabupaten Bondowoso dan dugaan berasal dari kawah Gunung Ijen. Sebagian ada yag sudah dirawat di puskesmas terdekat dan ada yang dievakuasi ke RSUD Bondowoso. Ini kami masih terus koordinasi," jelas Ade Setiawan.

Untuk jumlah berapa warga yang dirawat, Ade mengakui masih belum mendapatkan data yang pasti.

Melalui BPBD Banyuwangi, pihak BKSDA dan PPGA Ijen mengimbau agar masyarakat dan pengunjung, baik wisatawan, pendaki ataupun penambang belerang dilarang mendekati dasar kawah yang berada di puncak Gunung Ijen, serta tidak boleh melakukan ativitas apapun sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

"Kami juga sudah mengirim petugas BPBD Banyuwangi untuk naik ke atas untuk langsung melaporkan perkembangan terbaru. Jika memang dibutuhkan, tim kami akan siap berangkat naik ke atas. Kita juga siaga karena Gunung Ijen berada di wilayah Banyuwangi juga," jelas Ade.

Bahkan, menurut Ade, ia mendapat laporan dari warga Watucapil via radio komunikasi melihat sinar terang dari kawah Gunung Ijen.

https://regional.kompas.com/read/2018/03/22/00062701/gunung-ijen-keluarkan-gas-beracun-sejumlah-warga-dilarikan-ke-rumah-sakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke