Salin Artikel

Malam Tahun Baru di Garut, Gunung Papandayan Jadi Pilihan Wisatawan

"Malam akhir tahun, akan banyak yang berkemah merayakan malam tahun baru," jelas Tri Persada, Direktur PT Asri Indah Lestari pengelola Taman Wisata Alam Papandayan.

Tri mengungkapkan, saat libur natal saja, jumlah pengunjung mengalami peningkatan hingga 100 persen. Apalagi nanti malam tahun baru, jumlah pengunjung pasti akan mengalami peningkatan signifikan.

"Kemarin libur Natal penuh sejak tanggal 24 Desember, mobil antri di pintu masuk," katanya.

Menurut Tri, untuk menyambut malam tahun baru, pihaknya telah melakukan persiapan menyambut para pengunjung mulai dari membuat acara perayaan khusus di malam harinya hingga penataan sarana dan prasarana.

Tri memperkirakan, pengunjung yang akan menghabiskan malam akhir tahun di Papandayan akan didominasi wisatawan lokal yang kebanyakan dari Jabodetabek. Apalagi, promosi juga intensif dilakukan. Selain itu, wisatawan dari Garut dan Bandung pun juga banyak berdatangan mulai Minggu (31/12/2017).

Saat ini, di kawasan parkir Gunung Papandayan, pihak pengelola telah menyiapkan menara pandang yang bisa melihat langsung kawah Papandayan.

Selain itu, ada juga kolam renang air panas dengan air panas alami langsung dari kawah papandayan dan juga pemandangan kawah Papandayan. Yang terbaru adalah fasilitas cottage berkapasitas 5 kamar tidur yang bisa disewa rombongan keluarga.

Peginapan ini, menurut Tri posisinya langsung menghadap ke kawah Papandayan yang tentunya memiliki pemandangan yang menarik. Bagi pengunjung yang mau bermalam menggunakan tenda, ada fasilitas camping ground yang bisa digunakan.

Saat ini, kebanyakan pengunjung mendatangi Papandayan untuk melihat langsung kawah-kawah yang ada di Gunung Papandayan. Selain itu, merek yang masih kuat berjalan, bisa juga mendatangi kawasan hutan mati yang terkenal pemandangannya.

Menghabiskan malam tahun baru di puncak Gunung Papandayan, menjadi pilihan Feri (35), warga Kecamatan Samarang. Rencananya, dirinya akan menghabiskan malam tahun baru di Papandayan bersama anak dan istrinya.

"Selain pemandangan dan udaranya yang sejuk, suasana gunungnya masih sangat terasa, tapi yang paling penting aman, jadi bisa bawa anak istri,", jelas pehobi naik gunung tersebut.

Feri mengaku, selain menghabiskan malam tahun baru, dirinya juga akan mencoba hiking ke kawasan hutan mati yang terkenal di Papandayan di kalangan pendaki gunung karena pemandangannya yang indah. (*)

https://regional.kompas.com/read/2017/12/31/09303851/malam-tahun-baru-di-garut-gunung-papandayan-jadi-pilihan-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke