Salin Artikel

Berita Foto: Malioboro, Sehari Tanpa Pedagang Kaki Lima

Hari ini, Malioboro bersih dari para pedagang kaki lima yang biasanya berjajar di pinggir jalan dan trotoar mulai dari ujung utara hingga titik nol di kawasan wisata andalan Yogyakarta ini.

Mulai pekan ini, setiap Selasa Wage, pedagang kaki lima sejenak berhenti berjualan untuk bersama-sama melakukan "reresik" atau bersih-bersih Malioboro.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kerapian dari Malioboro.

"Tujuannya adalah melakukan perbaikan dan pembenahan terhadap Malioboro setiap 35 hari sekali. Jika tidak demikian, maka tidak ada waktu untuk membersihkan atau melakukan perbaikan fasilitas di Malioboro," katanya seperti dikutip dari Antaranews.com, Selasa.

Haryadi mengapresiasi keikhlasan para pedagang yang ikut memberikan waktu dan peluang memperoleh pendapatan dengan menutup usahanya selama satu hari penuh.

Kegiatan ini, lanjut Haryadi, nantinya juga bisa dimanfaatkan oleh komunitas untuk beraktivitas di Malioboro misalnya dengan menggelar kegiatan budaya atau pariwisata asalkan tidak bertentangan dengan tujuan awal kegiatan.

Di sela itu, ada pula mobil pemadam kebakaran yang melintas di Malioboro. Uniknya, mobil damkar ini dinaiki oleh sekitar 8 pasang pengantin yang mengikuti program "Nikah Bareng Pancasila Sakti" dengan mahar seperangkat alat shalat dan membaca teks Pancasila.

Berikut ini foto-foto Malioboro sehari tanpa aktivitas jualan pedagang kaki lima:

https://regional.kompas.com/read/2017/09/26/20155151/berita-foto-malioboro-sehari-tanpa-pedagang-kaki-lima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke