Salin Artikel

Berita Foto: Situasi Terbaru Pemantauan Gunung Agung setelah Status Siaga

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  menaikkan status gunung ini berdasarkan hasil analisis terhadap data visual dan instrumental serta potensi bahayanya.

"Kepala PVMBG telah melaporkan kenaikan status Gunung Agung ini kepada Kepala BNPB, BPBD Provinsi Bali dan BPBD Kabupaten Karangasem untuk mengambil langkah-langkah antisipasi menghadapi kemungkinan terburuk dari meletusnya Gunung Agung," kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Senin malam.

Informasi yang minim membuat warga dari sejumlah desa mulai mengungsi meski BPBD belum mengeluarkan imbauan resmi untuk mengungsi.

Sementara itu, media sosial di Bali juga diramaikan postingan status dan foto mengenai hujan abu tanpa sumber informasi yang jelas. Sutopo mengimbau warga untuk tenang dan tidak terpancing isu-isu menyesatkan.

Analisis dari pantauan satelit Himawari dari BMKG menunjukkan belum terdeteksi adanya hujan abu di sekitar Gunung Agung.

Hasil analisis satelit Aqua dan Terra dari Lapan menunjukkan adanya 3 hotspot kebakaran hutan dan lahan di sekitar Kubu Kabupaten Karangasem, sebelah utara-timurlaut, kawah Gunung Agung dalam 24 jam terakhir.

Laporan dari petugas di lapangan mengungkapkan, kebarakan hutan dan lahan masih berlangsung di sekitar Gunung Agung hingga pagi tadi.

"Kemungkinan abu dari material lahan yang terbakar ini terbawa oleh angin dan jatuh ke permukaan," ungkap Sutopo.

Berikut foto-foto situasi terbaru proses pemantauan Gunung Agung:


https://regional.kompas.com/read/2017/09/19/13190041/berita-foto-situasi-terbaru-pemantauan-gunung-agung-setelah-status-siaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke