Salin Artikel

Pabrik Garam Skala Besar Bakal Dibangun di Jateng

“(Pabrik) sudah feasibility study, dan itu kerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT),” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (8/5/2017).

Seusai melakukan kajian, nantinya ada lima kabupaten yang menjadi lokasi ujicoba, antara lain di Kabupaten Pati, Rembang, dan Jepara.

Ganjar mengatakan, ujicoba diperlukan di sejumlah titik untuk mengetahui kualitas garam di masing-masing daerah. “Dicoba di lima titik agar tahu kualitasnya, tapi yang paling siap saat ini di Pati,” ujarnya.

Terkait pembiayaan pembuatan pabrik garam, Ganjar meminta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menyiapkan instalasi pembangunan pabrik garam.

Adapun untuk teknologi pembuatan garam , menurut dia, tidak akan lagi bergantung pada alam.

"Korea Selatan dan Tiongkok menawarkan investasi berupa alat yang canggih dan tidak butuh matahari dalam memproduksi garam,” ujarnya.

Ganjar mendorong agar jajarannya segera merealisasi pembangunan pabrik garam. Dia minta agar pada tahun 2017 ini pabrik garam sudah dapat berdiri.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Lalu M Syafriadi sebelumnya mengusulkan agar Kementerian Kelautan dan Perikanan membuka keran impor untuk mengatasi kelangkaan garam. Keran impor nantinya ditutup jika petani kembali mulai melakukan produksi garam. 

https://regional.kompas.com/read/2017/08/05/15050071/-pabrik-garam-skala-besar-bakal-dibangun-di-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke