Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Napi yang Kabur dari Nusakambangan Tertangkap

Kompas.com - 12/07/2017, 13:00 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com- Petugas berhasil menangkap Agus Triyadi bin Masimun, salah satu narapidana (napi) yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Besi Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (9/7/2017) lalu.

Koordinator Kepala Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap, Abdul Aris mengatakan, napi asal Jalan Stasiun RT 2 RW 4 Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah itu dibekuk petugas gabungan di Gladagan, belakang kompleks Lapas Narkotika, Rabu (12/7/2017) sekitar pukul 11.15 WIB.

“Sekarang napi yang tertangkap ini sudah diamankan dan kami tahan di sel isolasi Lapas Batu,” katanya ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (12/7/2017).

Dalam kronologinya, Abdul menjelaskan, beberapa saat sebelum tertangkap, Agus dan satu rekan pelariannya, Hendra bin Amin dipergoki petugas sedang makan berdua di Gladakan.

(Baca juga: Kabur dari Lapas Permisan, Kadarmo Disebut Masih Ada di Nusakambangan)

 

“Karena terkejut dengan kehadiran petugas, mereka berpencar. Si Agus lari ke kiri (arah Lapas Narkotika) dan Hendra berlari ke kanan (arah Lapas Kembangkuning),” ujarnya.

Saat ini petugas gabungan dari unsur Sipir, TNI, dan Polri tengah memfokuskan pengejaran kepada Hendra, buruan napi atas kasus perampokan dengan masa pidana lebih dari 10 tahun itu.

“Kedua napi cukup licin karena bekas perampok, malah napi atas nama Agus yang baru tertangkap ini merupakan mantan anggota TNI yang dipecat atas kasus pelanggaran berat (disersi),” katanya.

Diberitakan sebelumnya, dua narapidana (napi) bernama Hendra bin Amin dan Agus Triyadi bin Masimun dilaporkan melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Besi Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (9/7/2017) siang.

(Baca juga: Jejak 2 Napi Nusakambangan yang Kabur Hilang di Rawa-rawa)

Kedua napi kasus pencurian dengan masa pidana lebih dari 10 tahun ini diduga melarikan diri dengan cara menjebol plafon dan genteng di atas kamar mandi yang rusak di dalam kompleks kamar tahanan.

Pada Selasa (11/7/2017), petugas berhasil menemukan jejak dua napi kelas kakap itu. Namun jejak yang tercium oleh anjing pelacak hilang di rawa-rawa.

Dengan tertangkapnya Agus Triyadi, saat ini masih ada dua napi lainnya yang tengah diburu oleh petugas, yakni Hendra (rekan Agus Triyadi) dan Kadarmono, napi tamping yang lepas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Permisan, Nusakambangan, Senin (19/6/2017) lalu.

Kompas TV 19 Napi LP Sleman Dipindah ke Nusakambangan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com