Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Rayu "Saudara Tua" untuk Ikut Dukung Gus Ipul di Pilkada Jatim

Kompas.com - 16/06/2017, 23:01 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur menggelar safari politik ke kantor Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jatim di Surabaya, Jumat (16/6/2017) malam.

Dalam lawatannya, PKB mengajak PPP untuk bersama-sama mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam pilkada 2018. Pertemuan antara dua partai "bersaudara" itu berlangsung langgeng dan penuh canda. PKB dan PPP merasa sama-sama lahir dari kultur Nahdatul Ulama (NU).

"Hanya saja PPP lahir lebih dulu, jadi saudara tuanya PKB. Karena itu wajar jika kakak mendukung langkah politik adiknya," kata Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar, disambut tawa undangan yang hadir.

(Baca juga: PKB Kantongi Nama-nama Calon Pendamping Gus Ipul di Pilkada Jatim)

 

Musyafak Noer, Ketua DPW PPP Jawa Timur menyambut pernyataan Ketua DPW PKB Jatim juga dengan berkelakar.

"Alhamdulillah, baru kali ini PKB mengakui PPP sebagai saudara tua. Karena PPP saudara tua, PKB harus menghormati PPP dan mengerti kebutuhan politiknya," jelas Musyafak.

PPP adalah partai ketujuh yang didatangi PKB dalam safari politik bersama Gus Ipul. Sebelumnya, PKB juga mengajak Gus Ipul ke Partai Demokrat, PDI-P, Partai Golkar, Partai Nasdem, PAN, dan Partai Hanura.

(Baca juga: Menakar Duet Gus Ipul-Risma di Pilkada Jatim 2018)

 

Safari politik tersebut akan dilanjutkan kepada seluruh partai parlemen di Jawa Timur sebagai upaya menggalang dukungan politik untuk calon gubernur Gus Ipul dalam pilkada tahun depan.

"Soal kepastian dukungan, kami serahkan sepenuhnya kepada mekanisme masing-masing partai," terang Abdul Halim. 

Kompas TV Dukungan untuk wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengalir dari partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com