Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Nusantara: Bocah Penemu Listrik Tolak Tawaran Panglima TNI hingga Ribuan Warga Sambut Jokowi di Tasikmalaya

Kompas.com - 10/06/2017, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Naufal Raziq (14), siswa penemu listrik bersumber dari pohon kedondong asal Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh, mendapat banyak tawaran, baik untuk melanjutkan risetnya maupun masa depan pendidikannya.

Namun, dari sekian banyak tawaran untuk melanjutkan pendidikan ke depannya, Naufal memilih beasiswa dari Kementerian Agama dan menolak tawaran Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

(Baca juga: Derita Hidrosefalus, Kepala Bayi Filia Membesar hingga Matanya Tak Bisa Terbuka)

Di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, ribuan warga dan siswa menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi di sepanjang jalan mulai dari Lapangan Udara Wiriadinata, Cibeureum, sampai ke Tasikmalaya Kota, Jumat pagi.

Teriakan demi teriakan terdengar saat mobil Presiden melewati sekumpulan warga dan anak-anak. Jokowi juga melambaikan tangan keluar jendela mobilnya untuk menyapa warga di pinggir jalan.

(Baca juga: Benda Diduga Peninggalan Masa Hindu-Buddha Gegerkan Warga Grobogan)

Sementara itu di Jawa Timur, seorang pemuda yang menjadi santri di Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, diamankan Tim Cyber Crime Polda Jawa Timur. Dia ditangkap terkait aktivitasnya di media sosial, yakni membuat gambar meme yang kontennya dianggap menghina pemerintah, termasuk Presiden Jokowi.

(Baca juga: Menakar Duet Gus Ipul-Risma di Pilkada Jatim 2018)


Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Cerita Bocah Penemu Listrik dari Pohon Kedondong Tolak Tawaran Panglima TNI, lalu Pilih Beasiswa Kemenag

Dokumentasi Keluarga Naufal Raziq, penemu listrik yang bersumber dari pohon kedondong
Naufal Raziq (14), siswa penemu listrik bersumber dari pohon kedondong asal Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh, menerima beasiswa dari Kementerian Agama RI.

Bantuan beasiswa itu diberikan untuk melanjutkan pendidikan secara gratis di Madrasah Aliyah Modern 63, Malang. Kementerian Agama bersedia menanggung seluruh biaya yang dibutuhkan Naufal selama melanjutkan pendidikan di madrasah tersebut.

“Tahun ini setelah tamat MTsN Langsa, saya mau sekolah di Madrasah Aliyah Modern 63 Malang. Ini beasiswa dari Kementerian Agama RI,” ujar Naufal, Selasa (6/6/2017).

Kepastian memperoleh beasiswa itu diperoleh setelah Naufal dipanggil ke Jakarta oleh Kementerian Agama akhir bulan lalu. Dia menyebutkan, cita-citanya untuk menjadi ilmuwan sudah bulat.

Pada 1 Juni 2017, Naufal juga menerima tawaran dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk sekolah gratis di SMA Taruna Magelang. Namun, tawaran itu ditolak secara halus oleh Naufal.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: 4 Dosen Disiapkan Khusus Dampingi Penelitian Bocah Penemu Listrik Kedondong


2. Ribuan Warga dan Pelajar Sambut Kedatangan Jokowi di Tasikmalaya

KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Presiden Joko Widodo tiba di Kota Tasikmalaya disambut warga dan pelajar secara antusias, Jumat (9/6/2017).
Ribuan warga dan siswa di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi di sepanjang jalan mulai dari Lapangan Udara Wiriadinata, Cibeureum, sampai ke Tasikmalaya Kota, Jumat (9/6/2017) pagi.

Mereka sejak pagi tadi telah berkumpul di sepanjang jalan bersama para murid yang membawa bendera merah putih kecil untuk melihat Presiden.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com