Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maju di Pilkada Jabar, Eks Komandan Marinir Ini Bidik Jabar Selatan

Kompas.com - 24/05/2017, 22:41 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Mantan Komandan Korps Marinir, Mayor Jenderal TNI (Purn) Angkatan Laut Buyung Lalana, menyatakan diri maju dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

Salah satu janji Kang Buana, sapaan akrab Buyung Lalana, adalah membangun Jawa Barat selatan menjadi pusat perekonomian. "Perlu dibuka akses dan infrastruktur di selatan Jawa Barat," kata Kang Buana di Jalan Parakan Ayu, Batununggal, Kota Bandung, Rabu (24/5/2017).

(Baca juga: Eks Komandan Marinir Kang Buana Siap Maju ke Pilkada Jabar 2018)

 

Kang Buana menambahkan, selama ini pembangunan di Jabar hanya terfokus di wilayah utara. Akibatnya, wilayah selatan Jabar terlupakan sehingga kemiskinan mendominasi perekonomian warganya.

"Kemiskinan lebih banyak di selatan, maka perlu disentuh. Kalau tidak disentuh berbahaya. Di selatan boleh dikatakan ada tempat secara komunikasi terputus," ujarnya.

(Baca juga: Ini Skenario PPP di Pilkada Jabar)

Salah satu infrastruktur yang perlu dibangun di Jabar Selatan adalah bandara dan pelabuhan.

"Membangun bandara di Sukabumi selatan, yang lainnya di Tasikmalaya dan di Garut kita juga cari alternatif. Dulu Sindang Barang pernah jadi pelabuhan. Nantinya kalau sudah dibangun pelabuhan dan bandara pasti ada pergerakan ekonomi di sana. Tapi tentu tidak lupa harus bersentuhan dengan kearifan lokal," ungkapnya.

Tidak hanya untuk Jabar, Buana menilai pembangunan infrastruktur di wilayah selatan juga menguntungkan pemerintah pusat. "Ikan tuna itu banyak di selatan," tandasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com