Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Siapkan Empat Nama untuk Pilkada Jabar 2018

Kompas.com - 14/05/2017, 22:40 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto, menyatakan saat ini ada empat nama yang disiapkan partainya untuk diusung di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018.

Ia mengatakan, keempat nama tersebut berpotensi dicalonkan sebagai calon gubernur atau wakil gubernur. Namun ia enggan menyebut keempat nama yang rencananya akan diusung di Pilkada Jabar.

"Ditunggu saja nanti. Masih digodok dan kami harus benar-benar memastikan calon yang akan kami usung nanti," ujar Agus saat dihubungi, Minggu (14/5/2017).

Namun, saat ditanya apakah nama mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf termasuk dalam keempat nama tersebut, Agus tak membantah.

"Iya, itu salah satu nama yang beredar, namun masih belum diputuskan, kami masih menggodoknya," papar Agus.

Baca: PKB Munculkan Wacana Helmy Faishal Zaini Maju di Pilgub Jabar

Ia menambahkan, untuk Pilkada Jabar, Demokrat akan berkoalisi di Pilkada Jabar sebab tak memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon sendiri.

Karena itu ia menuturkan partainya kemungkinan besar akan menjalin koalisi dengan sesama partai yang tak bisa mengajukan pasangan calon sendiri.

"Kalau sama partai yang sudah bisa mengajukan calon sendiri kami nanti enggak dapat apa-apa. Yang jelas saat ini kami sudah menjalin komunikasi dengan partai lain," lanjut Agus.

Saat ini di Jabar hanya PDI-P yang bisa mengusung pasangan calon sendiri dengan perolehan 20 kursi. Sedangkan kursi Demokrat di DPRD Jabar hanya 12.

Baca: Demokrat Mulai Penjaringan Pilgub Jabar Usai Rakernas

Kompas TV Peta Dukungan Parpol di Pilgub Jabar 2018 (Bag 1)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com