Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Usung Sendiri Bakal Calon Gubernur untuk Pilkada Jateng

Kompas.com - 30/04/2017, 11:05 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Abdul Wachid diusulkan untuk menjadi bakal calon Gubenur Jawa Tengah pada Pilkada Jateng 2018 mendatang.

Politisi berusia 55 tahun itu dinilai mampu menjadi penantang petahana Ganjar Pranowo, karena solid didukung oleh seluruh kader Partai Gerindra.

Baca juga: Bupati Boyolali Dukung Ganjar untuk Kembali Maju ke Pilkada Jateng

Wakil Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Sriyanto Saputro mengatakan, partainya ingin mengusung sendiri bakal calon gubernur Jateng. Kemenangan pasangan Anis-Sandi di Pilkada Jakarta menjadi modal semangat para kader Gerindra di Jawa Tengah untuk memenangkan Pilkada Jateng.

Nama Abdul Wachid juga sudah muncul beberapa tahun berakhir untuk menjadi salah satu bakal kandidat.

"Kader yang disiapkan yaitu Pak Abdul Wachid, ketua DPD Gerindra Jateng," ujar Sriyanto, yang juga ketua Desk Pilkada Gerindra, Minggu (30/4/2017).

Untuk mengajukan calon gubernur dan calon wakil gubernur, Gerindra harus bersedia berkoalisi dengan partai lain. Hanya PDI-P yang bisa mengusung calonnya sendiri di Pilkada Jateng 2018 mendatang.

Terkait dengan siapa pendampingnya, Gerindra masih akan berkoalisi dengan partai lain. Pihak partai pun intens menjalin komunikasi dengan partai lain, namun hingga saat ini belum mendapat kesepakatan.

Sriyanto menambahkan, dukungan terhadap anggota DPR RI ini juga sudah mendapat restu dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Dia didukung menjadi bakal calon gubernur Jateng. Prabowo dinilai telah mengizinkan Wahid untuk bertarung di Pilkada Jateng.

"Pak Prabowo saat ke sini sudah mempersilahkan. Pak Prabowo berikan sesuai aturan main," kata dia.

Sosok Wachid dianggap mampu merangkul warga Jateng yang mayoritas adalah para petani. Politisi dari Dapil Jaten II dari Demak, Kudus dan Jepara ini merupakan ketua umum dewan pimpinan pusat petani tebu rakyat Indonesia.

Baca juga: Marwan Jafar Kembali Didorong Maju di Pilkada Jateng 2018

Gerindra Jawa Tengah juga bakal mendeklarasikan dalam waktu dekat. Deklarasi di Jateng belum dilakukan karena banyak kader yang bertugas membantu pasangan Anies-Sandi di Jakarta.

Beberapa nama sudah tampak muncul di publik untuk bersaing di Pilkada Jateng. Mereka antara lain Marwan Ja'far, Musthofa, Wisnu Suhardono, selain petahana Ganjar Pranowo.

Kompas TV Anies-Sandi Silaturahim ke Gerindra
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com