Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga karena Cuaca Buruk, Pesawat Caravan SAS Jatuh di Bukit Anem

Kompas.com - 13/04/2017, 05:22 WIB
Kontributor Jayapura, Djefri Pattirajawane

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pesawat Cessna jenis Grand Caravan PT Spirit Avia Sentosa (operator pesawat Cessna) dilaporkan jatuh di Bukit Anem, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Rabu (12/4/2016) pukul 12.40 WIT.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menuturkan, dari laporan sejumlah warga Kampung Kubibkop, Distrik Oklip, pesawat dengan nomor registrasi PK-FSO ini jatuh di atas Bukit Anem dengan ketinggian 6.400 kaki.

(Baca juga: Pesawat Cessna PK-FSO Hilang saat Terbang dari Boven-Oksibil Papua)

 

"Dari penuturan Kepala Kampung Kubikop, badan pesawat dalam keadaan tidak terbakar. Namun mereka tak berani mendekat karena takut pesawat meledak. Belum diketahui bagaimana nasib Rio," tutur Kamal.

Ia pun menyatakan, pesawat yang dipiloti Kapten Kompol Rio Pasaribu dari Bandara Tanah Merah, Boven Digul ke Pegunungan Bintang tak membawa penumpang namun hanya bahan makanan.

"Diduga pesawat jatuh karena faktor cuaca buruk. Tim gabungan TNI-Polri serta pihak Dinas Perhubungan Udara masih mengupayakan proses evakuasi melalui jalur udara menuju ke lokasi titik jatuh pesawat," ujar Kamal.

(Baca juga: Pencarian Pesawat Hilang di Mimika Terhalang Cuaca Berkabut)

 

Ia menambahkan, proses pencarian pesawat SAS juga dilakukan melalui jalur darat dari Kabupaten Pegunungan Bintang. “Ada sekitar 60 personel tim gabungan yang dilibatkan untuk proses evakuasi ini,” tambah Kamal.

Diketahui pesawat SAS lepas landas dari Bandara Tanah Merah pada pukul 11.44 WIT. Seharusnya pesawat itu tiba di Lapter Oksibil pukul 13.00 WIT. Namun pada pukul 12.40 WIT, pesawat hilang kontak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com