Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depresi karena Penyakit Tak Sembuh, Wanita 50 Tahun Tewas Gantung Diri

Kompas.com - 02/04/2017, 12:43 WIB
Ari Widodo,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Diduga mengalami depresi, seorang perempuan di Demak, Jawa Tengah,  gantung diri, Minggu (2/4/2017) pagi.

Korban yang diketahui bernama Mutiah (50) ditemukan tewas tergantung di rumahnya Dukuh Gablok RT 02 RW 01 Desa Jragung, Kecamatan Karangawen, Demak.

Korban pertama kali ditemukan tewas tergantung sekitar pukul 08.20 WIB oleh salah seorang warga yang bertandang kerumahnya. Melihat korban tergantung kemudian warga melaporkan peristiwa itu ke Polsek Karangawen.

"Korban melakukan gantung diri dengan selendang warna coklat yang diikatkan di atas kusen pintu tengah rumahnya," ungkap Kepala Bagian Operasional Polres Demak, Kompol Sutomo.

Korban nekat mengakhiri hidupnya saat rumah dalam keadaan sepi setelah suaminya pergi ke sawah, diduga korban melakukan bunuh diri karena depresi akibat penyakit (komplikasi) yang dideritanya dan tidak kunjung sembuh.

Bersama warga, anggota Polsek Karangawen yang datang ke lokasi menurunkan jasad korban yang sudah tak bernyawa. Petugas kesehatan dari Puskesmas Karangawen, yang melakukan pemeriksaan, tidak menemukan adanya luka akibat penganiayaan di tubuh korban.

"Korban sudah tiga kali melakukan percobaan bunuh diri namun selalu berhasil digagalkan oleh keluarganya," kata Sutomo. 

 

Catatan:

Menghadapi seseorang yang punya kecenderungan bunuh diri, atau punya niat bunuh diri, pastinya tidak mudah. Tapi, jika kita melihat ada teman atau keluarga yang punya gejala mencurigakan, jangan berdiam diri.

Proses pemulihan adalah tanggungjawab dari psikolog dan psikiater. Karena itu, sedapat mungkin, cobalah bujuk atau rujuk orang yang kita curigai punya maksud bunuh diri, ke tenaga profesional.

(Baca selengkapnya: Baca: Kenali Tanda Seseorang Berniat Bunuh Diri dan Cara Mencegahnya)

Pada satu titik kehidupan, kadang kita merasa, teman dan kerabat tak ada yang bisa mengerti pikiran dan beban hidup kita. Sedih? Pastinya! Tapi, jangan berpikir untuk bunuh diri. Silakan kontak Into the Light untuk mendapat pendampingan sebaya:

Facebook: IntoTheLightID
Twitter: @IntoTheLightID
Email: intothelight.email@gmail.com
Web: intothelightid.wordpress.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com