Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Harimau Lucu Diganti dengan Maung Sancang Siliwangi

Kompas.com - 20/03/2017, 15:00 WIB
Reni Susanti

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.comPatung harimau lucu di Koramil Cisewu Garut yang sempat viral di media sosial akan diganti patung harimau Sancang.

Patung harimau Sancang tersebut merupakan hadiah dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Beratnya mencapai 3 kuintal, panjang 4 meter, hasil salah satu perajin di Purwakarta.

“Ini bentuk solidaritas saya sebagai anak tentara, sudah selayaknya saya lakukan,” ujar Dedi yang juga Dewan Pembina FKPPI Jawa Barat, Senin (20/3/2017).

Baca juga: Bupati Dedi Beri Patung Harimau Baru untuk Koramil Cisewu

Dedi mengatakan, maung atau harimau bermakna nilai Siliwangi yang mencerminkan kewibawaan. Sementara terkait tampilan patung, menurutnya di sejumlah tempat pun masih didapati bentuk patung Maung Siliwangi yang belum terlihat gagah, bukan hanya di Cisewu.

“Nilai siliwangi itu masuk ke dalam sistem TNI di Jawa Barat dan Banten. Lambangnya harimau, ini bermakna kewibawaan. Ini yang saya bawa merupakan simbol Maung Sancang,” terangnya.

Maung Sancang sendiri dikenal sebagai penjaga dari Prabu Siliwangi. Di beberapa lukisan, termasuk lukisan yang ada di Kodam III Siliwangi memperlihatkan Prabu Siliwangi bersama beberapa harimau.

“Di Jawa Barat ada 360 patung, terdiri dari patung di Danramil hingga Kodam. Penggantian patung yang tidak representatif bisa dikerjasamakan. Untuk beberapa daerah, saya bisa menjadi inisiatornya,” ucapnya.

Danramil Kecamatan Cisewu, Kapten (Inf) Nandang mengucapkan terima kasih atas patung tersebut. Bantuan ini menurutnya menjadi motivasi tersendiri bagi jajarannya untuk lebih proaktif melakukan darma bakti kepada masyarakat Cisewu.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kang Dedi. Ini motivasi buat kami untuk lebih berbakti kepada masyarakat,” ungkap Nandang.

Patung Lodaya

Selain patung harimau Cisewu, Dedi juga akan mengganti patung Lodaya di Polsek Cisompet. Rencananya, patung pengganti dibuat oleh perajin yang sama.

“Sedang dibuat, nanti dikirim,” ujar Dedi yang mengaku sudah mendapat izin dari Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan.

Baca juga: Cerita di Balik Patung Harimau Lucu di Cisewu

Sebelumnya, patung harimau lucu akan diganti dengan patung harimau buatan salah satu prajurit TNI di Garut. Patung tersebut belum dipasang hingga bantuan patung dari Purwakarta. Patung tersebut rencananya akan dikembalikan ke Kodim Garut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com