Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diserang Serangga Berbau Menyengat, Aktivitas Warga Polewali Terganggu

Kompas.com - 10/03/2017, 11:02 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR,KOMPAS.com -  Serangan serangga kepindik tanah hampir sepekan ini telah mengganggu aktivitas warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Serangga yang berbau menyengat itu, memburu cahaya lampu di malam hari.

Hal itu membuat warga mematikan cahaya di rumahnya karena khawatir diserbu hewan yang membuat badan gatal-gatal dan perih itu.

Sementara sejumlah toko, minimarket, dan warung makan yang biasanya buka hingga larut malam pun banyak yang tutup lebih awal.

Beberapa toko terlihat tetap buka dan melayani pelanggannya, namun pencahayaan di seluruh toko terpaksa dimatikan. Hanya ada beberapa titik lampu menyala degan redup.

Menurut Deswita, seorang pegawai toko, serangga itu mulai menyerbu sejak petang hingga pagi.

KOMPAS.com/Junaedi Serangga berbau busuk menyengat atau kepindik tanah menyerang warga Polewali Mandar Sulawesi Barat sejak sepekan terakhir.
Ia menyebutkan, meski sudah berupaya membersihkan, jumlah serangga itu seolah tak berkurang.

“Baru sekitar 30 menit menyapu lantai sudah dapat sekantung kepindik hitam,” kata dia, Kamis (9/3/2017) malam.

Selain itu, kepindik juga membahayakan para pengguna jalan,  yang lampu diserbu hewan ini. Pasalnya mereka memerlukan cahaya untuk menerangi jalannya.

“Sangat mengganggu dan membahayakan pengendara. Tidak mungkin juga lampu dimatikan saat berkendara,” tutur Ira, pengedara motor.

Belum diketahui penyebab serbuan ini.  Warga pun berharap pemerintah setempat bisa mengatasi serangan serangga ini karena sudah sangat mengganggu aktivitas mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com