Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Salman Belum Dipastikan Berkunjung ke GWK Bali

Kompas.com - 03/03/2017, 16:42 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud saat berlibur di Bali sejak tanggal 4-9 Maret 2017 dikabarkan akan singgah di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Ungasan, Pura Uluwatu, serta kampung Wisata Ubud di Gianyar.

Saat Kompas.com mengunjungi kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Ungasan, Jumat (3/3/2017) tidak terlihat persiapan dan pengaman khusus untuk menyambut Raja Salman dan rombongan.

Saat dikonfirmasi, I Wayan Sugiantara, Sales Operation Dept Head PT Garuda Adhimatra Indonesia, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park PT Garuda Adimatara Indonesia (GWK) menjelaskan, sampai  hari ini pihaknya masih belum menerima permintaan terkait kedatangan Raja Salman.

Baca juga: Ratusan Mobil Mewah untuk Rombongan Raja Salman Mulai Disiagakan di Nusa Dua

Namun dia membenarkan bahwa beberapa hari terakhir ada tim yang datang untuk cek lokasi GWK.

"Kalau tim iya ada wira-wiri berkali-kali ke sini buat survei lokasi, tapi untuk kepastiannya sampai hari ini kami belum mendapatkan request khusus untuk kedatangan raja Salman," jelas Wayan. 

Ia menambahkan, biasanya, jika ada tamu kenegaraan atau tamu VVIP akan diinformasikan jauh-jauh hari sebelumnya untuk koordinasi.

"Tapi jika ada kepastian Raja Salman datang tentu akan kami siapkan secara maksimal," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Bali, Brigjen Wayan Sunata mengatakan, ada tiga tempat wisata yang telah disurvei secara khusus oleh tim yang diutus pihak Raja Salman, yaitu kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Ungasan, Pura Uluwatu, serta kampung Wisata Ubud di Gianyar.

“Ada beberapa wilayah yang sudah ditinjau secara khusus oleh tim mereka, tapi apakah nanti jadi ke sana atau tidak keputusannya tetap di tangan Raja Salman,” kata Sunata pada Rabu (1/3/2017) di Denpasar.

Baca juga: Ini Tempat Wisata di Bali yang Bakal Dikunjungi Raja Salman

Kompas TV Sejumlah lokasi wisata di kawasan Nusa Dua yang nantinya menjadi area private rombongan Raja Salman mulai dijaga ketat dan disterilkan untuk menjaga privasi rombongan raja. Salah satu kawasan yang disterilkan adalah sejumlah pantai yang terdapat di salah satu hotel tempat sang raja menginap. Hal ini untuk menjaga privasi Raja Salman dan rombongan dan menjadi salah satu permintaan protokoler raja ke pihak keamanan Indonesia. TNI Angkatan Laut akan menjaga keamanan laut dari jarak 1 mil dari bibir pantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com