Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bercanda Bawa Bom, Seorang Penumpang Diamankan Petugas Bandara Lombok

Kompas.com - 22/02/2017, 22:11 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - AH (52), salah satu penumpang pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1878 dengan rute Lombok-Bima, terpaksa berurusan dengan petugas keamanan Lombok International Airport (LIA) lantaran bercanda membawa bom di dalam tas.

General Manager Lombok International Airport, I Gusti Ngurah Ardita saat dikonfirmasi membenarkan penumpang tersebut diamankan karena ucapannya mengatakan membawa bom.

"Masih dalam penanganan Otoritas Bandara Wilayah IV, yang bersangkutan tidak diizinkan terbang," terang Ardita, Rabu (22/2/2017).

Kejadian itu berawal saat seluruh penumpang pesawat Wings Air dengan tujuan Bima memasuki pesawat. Sekitar pukul 16.15 Wita, salah satu penumpang boarding terakhir ditanya oleh crew pesawat apakah di dalam tas penumpang ada barang berharga atau barang pecah belah. Namun dijawab oleh penumpang tersebut bahwa di dalam tasnya berisi bom.

Mendengar jawaban dari AH, crew pesawat lalu memberitahukan ke pilot bahwa ada salah satu penumpang yang membawa bom.

Demi keselamatan penumpang, oleh pilot informasi tersebut diteruskan dengan menghubungi tower melalui radio.

Pihak keamanan pun mengamankan AH ke ruang AMC bandara untuk dimintai keterangan. Selain itu, petugas melakukan X-Ray ulang terhadap tas bawaan penumpang.

Selanjutnya, penumpang tersebut dibawa petugas ke ruang Avsec untuk membuat keterangan bahwa penumpang tersebut benar-benar bercanda telah membawa bom di dalam tasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com