Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Harus Galak kalau Ada Orang Kotori Bandung

Kompas.com - 21/02/2017, 11:09 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi pembicara dalam kegiatan "Hari Peduli Sampah Nasional" di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (21/2/2017) pagi.

Kegiatan itu dihadiri oleh ratusan siswa sekolah di Bandung.

Dalam pidatonya, Ridwan meminta agar anak-anak di Bandung mulai membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan.

Bahkan, ia mengingatkan agar para pelajar bersikap tegas jika memergoki orang yang membuang sampah sembarangan di Bandung.

"Bandung seperti ibu sendiri, kalau Bandung dikotori berarti kamu menistakan ibu kamu sendiri. Karena itu, cintai Kota Bandung dengan menjaga kebersihan. Kamu harus galak kalau lihat teman kamu yang nyampah, harus galak kalau ada yang ngotorin Bandung," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Kepada para pelajar, Emil menceritakan bagaimana Bandung sempat dijuluki sebagai "City of Pig" oleh salah seorang warga negara asing. Sejak saat itu, ujar Emil, ia bertekad untuk membuat Bandung lebih bersih dan mengembalikan label sebagai "Kota Kembang".

"Kota kita tanggung jawab kita, bukan tanggung jawab Pak Wali. My city my responsibility. Kalau keluar rumah ada sampah jangan ngandelin tukang sampah. Saya ingin adik-adik belajar jadi teladan, jadi duta besar kebersihan," ujarnya.

Dia menambahkan, selain memungut sampah, warga pun mesti membiasakan diri untuk menahan membuang sampah sesuai dengan konsep TPS.

"Sebelum pungut ada satu tindakan menahan. Ingat TPS, tahan dari produksi sampah, pungut kalau ada sampah, simpan pada tempatnya. Kalau ada sampah kering simpan dulu di baju atau tas, itulah warga teladan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com