Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Dinas Ditangkap, Ridwan Kamil Minta Polisi Beri Arahan kepada Pejabat

Kompas.com - 30/01/2017, 12:56 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengundang Kepala Polrestabes Bandung Komisaris Besar Polisi Hendro Pandowo untuk memberi arahan kepada para pejabat di Pemerintah Kota Bandung dalam agenda rapat pimpinan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (30/1/2017).

Hal itu dilakukan untuk memberi peringatan kepada para PNS agar selalu menjaga integritas menyusul operasi tangkap tangan yang dilakukan polisi terhadap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dandan Riza Wardana, Jumat (27/1/2017) lalu.

"Tadi sengaja di rapat pimpinan ini semua pejabat-pejabat yang punya anak buah, para pengambil keputusan, spesial Pak Kapolrestabes saya hadirkan untuk memberikan arahan," ungkap pria yang kerap disapa Emil itu setelah rapat.

Emil mengatakan, di setiap sesi rapat, dia selalu meminta agar pegawai Pemkot Bandung harus bisa menahan diri dari godaan aktivitas pungutan liar dan gratifikasi.

"Kalau saya di setiap rapat selalu mengingatkan untuk menjaga integritas jangan ada godaan, karena kejahatan itu datang dari dua hal, satu ada niat dua ada kesempatan. Kepada dinas-dinas yang seliweran godaan-godaan itu kalau niatnya sudah dimatikan dari pikiran kan tidak kejadian tindakan pelanggaran. Oleh karena itu saya ingatkan itu," tutur Emil.

Emil meminta para PNS untuk tidak bermain dalam delik korupsi. Sebab Pemkot Bandung, lanjut dia, telah berkomitmen dengan kepolisian untuk menindak tegas segala aktivitas korupsi.

"Momentum saat ini saya ingatkan jangan macam-macam. Saya dengan Pak Kapolrestabes berkomitmen untuk menegakkan di semua pelayanan publik yang punya potensi penyalahgunaan wewenang," ucap Emil.

"Karena ekor itu gimana kepala, kepalanya suka duit, ekornya suka duit. Kalau kepalanya bengkok sedikit, ekornya bengkok lebih banyak. Dan ini refleksi buat kita semua mengawali tahun 2017, fokus pada pekerjaan hindari seperti itu," tambahnya.

(Baca juga: Kepala Dinas Penanaman Modal di Bandung  Resmi Jadi Tersangka Pungli)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com