Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rekayasa Lalu Lintas Menuju Bandungan pada Malam Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2016, 11:16 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu pusat perayaan tahun baru di Semarang adalah kawasan wisata Bandungan.

Daerah berhawa dingin ini selain menyajikan pemandangan alam yang indah juga merupakan tujuan wisata sejarah dan kuliner.

Ada Candi Gedongsongo, pasar bunga Bandungan, pasar sayur Jetis, kebun bunga krisan dan sejumlah obyek wisata berbasis air.

Setiap malam tahun baru dipastikan kawasan ini selalu mengalami kemacetan parah. Guna meminimalisasi kemacetan kawasan Bandungan, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Semarang bersama Polres Semarang telah berkoordinasi untuk menerapkan rekayasa lalu lintas khusus pada malam pergantian tahun baru, Sabtu (31/12/2016) hingga Minggu (1/1/2017) dini hari.

"Kami adakan rekayasa lalu lintas satu arah, mulai Sabtu jam 20.00 WIB hingga Minggu pukul 01.00 WIB. Pengendara dari arah Ambarawa menuju Bandungan kami arahkan melalui Pertigaan Pauline Ambarawa, sebaliknya dari Bandungan menuju Ambarawa melalui Simpang Blater dan Lemahabang Bergas," ungkap Kepala Dishubkominfo Kabupaten Semarang, Prayitno Sudaryanto.

Ia menyebutkan, selain kawasan Bandungan, fokus penerapan rekayasa pada malam pergantian tahun juga dilakukan untuk lalu lintas dari dan menuju Alun-alun Bung Karno, Ungaran.

Di tempat inilah Bupati Semarang Mundjirin dan pejabat Forkompinda akan menyambut Tahun Baru 2017. Penerapan one way di alun-alun Bung Karno, lanjutnya, adalah arus dari Simpang Showroom hingga Simpang Kalirejo, Ungaran serta Simpang Kalirejo hingga Exit Tol Ungaran.

Sedangkan ruas jalan di depan alun-alun sama sekali tidak diperkenankan kendaraan masuk kawasan ini.

Sementara arus lalu lintas dari arah Tol Ungaran menuju Alun-alun Bung Karno harus melalui simpang empat 4U (Cafe For You), kemudian belok ke kanan menuju Taman Makam Pahlawan Gatot Subroto, Ungaran.

"Roda dua maupun lebih, mulai pukul 20.00 WIB, dilarang melintas di depan Alun-alun Kalirejo. Kami sudah sediakan beberapa kantong parkir bagi pengunjung yang hendak menyaksikan pesta kembang api," jelasnya.

Seperti diketahui, malam Tahun Baru 2017 di Kabupaten Semarang akan dipusatkan di Alun-alun Bung Karno. Di tempat ini akan ada panggung rakyat yang diisi dengan pertunjukan musik all genre serta pesta kembang api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com