Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daerah Sekitar Pidie Jaya yang Terkena Dampak Gempa juga Harus Diperhatikan

Kompas.com - 10/12/2016, 14:16 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa meminta agar daerah-daerah di sekitar Pidie Jaya, Aceh, yang terkena dampak gempa juga harus diperhatikan.

Hal itu dia sampaikan seusai meninjau Kecamatan Sigli, Kabulaten Pidie, yang wilayahnya tak jauh dengan Pidie Jaya.

"Meski fokus banyak ke Pidie Jaya, tapi perlu diperhatikan juga daerah sekitarnya, termasuk Sigli, Biuren agar menjadi satu kesatuan dalam penanganannya," ujar Khofifah melalui keterangan tertulis, Sabtu (10/12/2016).

Sigli termasuk kecamatan yang terdampak gempa cukup berat. Khofifah menyisir rumah-rumah yang ambles dan rusak berat, meninjau jembatan penghubung desa yang terputus, serta menyalurkan sejumlah bantuan sosial untuk pengungsi.

Di kecamatan Sigli, Khofifah mengunjungi dua desa, yakni Desa Pasie Lhok dan Desa Jeumeurang, Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie.

Keduanya desa tersebut berada di bibir pantai. Di kecamatan ini, terdapat 31 rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan berat, sembilan di antaranya ambles ke dalam tanah hingga kedalaman 1 meter.

Dengan kondisi sangat dekat dengan pantai, kata Khofifah, maka diperlukan jalur evakuasi. Oleh karena itu, Kemensos segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar dibuatkan jalur evakuasi dalam proses rekonstruksi pascagempa.

"Harapannya akan menjadi satu kesatuan upaya menyelamatkan masyarakat yang tinggal di pinggir pantai ini bisa tembus ke desa-desa lainnya," kata Khofifah.

Setelah dari Sigli, Khofifah bertolak ke sejumlah lokasi pengungsian lain di Pidie dan bertemu dengan para relawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com