Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabung Gas Meledak, Puluhan Rumah dan Satu Rumah Ibadah Hangus

Kompas.com - 02/12/2016, 16:44 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Puluhan rumah dan satu gereja di Jalan Cipto Mangunkusumo RT 02 dan Rt. 04 Kelurahan Simpang Tiga Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, habis dilalap api, Jumat (2/12/2016) sekitar pukul 11.00 Wita.

Menurut salah satu saksi mata, Ari (28), api bersumber dari sebuah gas elpiji yang meledak. Ledakàn gas itu langsung menyambar ke rumah warga sekitar. Selanjutnya, dengan cepat, api menjalar ke bangunan lain dan menghanguskan rumah ibadah Gereja Toraja Bukit Harapan di Jalan Sumber Mas RT 04 Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda.

"Api berasal dari rumah Mamak Dion. Mamak Dion ini berjualan gas elpiji di Gang Harapan. karena ledakan itu api langsung menjalar ke mana-mana dan menghanguskan puluhan rumah," kata dia.

Semua bangunan yang terbakar rata-rata terbuat dari kayu sehingga mempercepat merembetnya api.

Sebanyak 22 unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas PMK kota Samarinda, Korem, Relawan juga Balakar dikerahkan dengan cepat. Sekitar pukul 12.30 Wita, api baru dapat dipadamkan.

Humas Polresta Samarinda, Iptu Hardi, mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, diperkirakan, ada 100 rumah yang terdiri dari dua RT yang terbakar, yakni RT 02 sebanyak 15 KK, 35 jiwa dan di RT 04 sebanyak 85 KK, 163 jiwa.

"Diperkirakan, ada 100 rumah yang terbakar, saat ini masih dalam pemeriksaan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com