Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat "Mannequin Challenge", Ganjar Ingatkan soal Pungli

Kompas.com - 01/12/2016, 13:02 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan jajaran di bawahnya untuk tidak melakukan pungutan liar, suap, dan gratifikasi. Pesan itu disampaikan melalui video "Mannequin Challenge" yang disiarkan melalui akun Instagram-nya, @ganjar_pranowo.

Pesan itu disertai tagar #stoppungli, #nosuap, #saberpungli, dan #jatenggayeng. Video "Mannequin Challenge" dibuat pada Senin (28/12/2016) lalu seusai peresmian gedung pameran di Kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah. Video soal pungli itu baru disiarkan pada Kamis (1/12/2016) pukul 09.00 WIB tadi.

“Sebentar saja ya, saya sudah ditunggu BPK,” kata dia, kala pembuatan video.

Video "Mannequin Challenge" dibuat bersama para pewarta yang kala itu berada di Kantor Balitbang.

Gubernur Ganjar, yang kala itu baru saja selesai dari jamuan makan siang, lalu keluar ruangan. Pewarta yang sudah menunggu di lobi gedung bermaksud untuk wawancara, tetapi di tengah prosesnya berhenti sesaat selama beberapa menit. Jadilah video itu tanpa ada persiapan sebelumnya.

Dalam "Mannequin Challenge", Ganjar mengendus praktik suap kepada pejabat. Di depan pewarta yang meliput, ia lalu menunjuk salah seorang pria yang memakai kaus merah di luar kerumunan yang mencoba melakukan aksi suap. Pria itu lalu seketika dibekuk oleh petugas saat operasi tangkap tangan.

Sejak diunggah tiga jam lalu, video itu telah tayang 14.200 kali, serta dikomentari oleh 415 nitizen.

Bersama anak SMP

Di tempat terpisah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga ikut serta dalam tren pembuatan video "Mannequin Challenge".

Video dibuat pada Kamis (1/12/2016) pagi tadi saat berkunjung di SMP 4 Semarang. Bersama para siswa dan guru, Hendar menunjuk sebuah tayangan dalam slide yang bertuliskan "Semarang Hebat".

Para siswa ataupun guru beraksi melihat tayangan itu dengan saksama. Video itu lalu disiarkan dalam Instagram @hendrarprihadi dengan kutipan "Kita Satu Tujuan walaupun beda gaya, #NKRI #Mannequen Challenge". Video Wali Kota ditayangkan sekitar pukul 10.00 WIB, dan sudah 2.221 tayangan, serta dikomentari oleh 25 netizen.

 

 

Mannequin Challenge #StopPungli #NoSuap #SaberPungli #JatengGayeng by ???? @yusuf_hanggara

A video posted by H. Ganjar Pranowo, SH., M.IP (@ganjar_pranowo) on Nov 30, 2016 at 6:15pm PST

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com