Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan RB dan Bupati Banyuwangi Daki Gunung Ijen

Kompas.com - 22/11/2016, 12:06 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Saat bekunjung ke Banyuwangi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyempatkan diri mendaki Gunung Ijen bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (21/11/2016) dini hari.

Asman mengaku penasaran terhadap Gunung Ijen yang dikenal memiliki api biru.

"Ijen memiliki potensi besar yang bisa dikembangkan, apalagi Ijen memiliki kekayaan alam yang tidak dimiliki negara lain," kata dia.

Menurut Asman, Ijen bukan hanya milik Banyuwangi, tetapi juga milik Indonesia sehingga pemerintah pusat juga bisa ikut mengembangkan wisata gunung tersebut.

Setelah mendaki, Asman terkesan oleh pemandangan yang sangat bagus dari gunung itu.

"Saya nanti akan coba sampaikan di sidang kabinet bersama presiden tentang pengembangan Banyuwangi serta potensi wisatanya termasuk mendorong perbaikan sarana dan prasarana, seperti rest area, toilet. dan fasilitas umum," kata dia.

Ia mengatakan, pada 2017, Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 20 juta orang. Dengan destinasi Kawah Ijen, dia optimistis bahwa kunjungan tersebut bisa digenjot hingga 30 juta wisatawan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kedatangan Menpan RB menjadi semangat baru bagi Banyuwangi, apalagi jika pemerintah pusat berencana ikut mengembangan sarana dan prasasrana.

Terkait rencana pembangunan cable car, Anas mengatakan sudah dapat persetujuan dari Kementerian Pariwisata dan masih masih menunggu perizinan dari Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam.

"Walaupun nanti dikembangkan, kami tetap akan menjaga ekosistem yang ada. Tidak ada yang dikorbankan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com