Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Rumah di Malang Rusak akibat Gempa

Kompas.com - 17/11/2016, 13:58 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur, terus mengumpulkan informasi terhadap dampak gempa bumi tektonik berkekuatan 6,2 skala richter yang terjadi di laut selatan Kabupaten Malang.

Data sementara menunjukkan, 29 rumah rusak akibat gempa tersebut, yaitu 8 rumah di Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, 14 rumah di Desa Taman Kuncaran, Kecamatan Tirtoyudo, 1 rumah di Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, 5 rumah di Desa Bumirejo, Kecamatan Dampit, dan 1 rumah di Desa Tanggung, Kecamatan Turen.

Dari data kerusakan sebanyak itu, tiga rumah dinyatakan rusak berat, sementara yang lain dinyatakan rusak sedang dan ringan.

"Rata-rata kerusakan pada atap rumah ambrol, dapur, tembok retak dan teras, serta pagar rumah rusak," kata Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, Kamis (17/11/2016).

Dia menyebutkan, data kerusakan rumah itu diprediksi masih akan bertambah. Sebab, tim di lapangan masih terus mengumpulkan informasi.

"Tim kami masih di lokasi karena lokasinya berjauhan," ucapnya.

Sembari mengumpulkan informasi, tim di lapangan juga membawa bantuan bagi korban yang rumahnya rusak. Bantuan itu berupa kebutuhan dasar, seperti sembako dan alas tidur.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,2 skala richter terjadi di laut selatan Jawa Timur, Rabu (16/11/2016) sekitar pukul 22.10 WIB. Gempa tersebut dipicu oleh aktivitas subduksi antara lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia. Meski demikian, gempa itu tidak berpotensi tsunami.

(Baca juga: Gempa 6,2 SR Getarkan Jawa Timur, Warga Kaget dan Lari Keluar Rumah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com