Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IORA di Nusa Dua Akan Lahirkan Bali Communique

Kompas.com - 27/10/2016, 11:09 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah resmi membuka acara Asosiasi Negara-negara Pesisir Samudra Hindia (Indian Ocean Rim Association/IORA) di Nusa Dua Bali sebelum terbang ke Semarang karena ayahnya meninggal dunia.

Usai membuka acara, Menteri Retno memberikan keterangan kepada media bahwa acara IORA tetap dilanjutkan oleh Co-Chair dari Afrika Selatan dan Australia.

"Pertemuan ini yaitu menyelesaikan semua dokumen dari hasil pertemuan, antara lain Bali Communique dan Gender Declaration yang telah diselesaikan melalui negpsiasi," kata Menlu Retno Marsudi, Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis(27/10/2016).

Selain itu, Menteri Retno juga menjelaskan bahwa pertemuan ini juga untuk mempersiapkan IORA Concord yang akan disahkan dalam KTT IORA pada Maret 2017 mendatang. IORA Concord diharapkan dapat menjadi tonggak untuk mendorong regionalisasi di Samudera Hindia.

"Dan juga persiapan untuk IORA Concord yang akan menjadi dokumen yang sangat penting, tahun depan untuk memperingati 20 tahun IORA. Alhamdulillah negosiasinya sudah dapat diselesaikan sehingga tugas pertemuan ini sudah diselesaikan," tambahnya.

Dalam pertemuan ini, Menteri Retno juga mengharapkan mendapatkan masukan negara anggota IORA dalam rangka mempersiapkan KTT yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2017 mendatang.

IORA merupakan forum kerjasama lingkar Samudra Hindia yang berfokus pada peningkatan kerjasama ekonomi dan kerjasama maritim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com