Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Pasokan Air Bersih, RS Limboto Lumpuh

Kompas.com - 27/10/2016, 06:40 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com –  Rumah Sakit MM Dunda di Limboto, Gorontalo lumpuh akibat tidak ada pasokan air bersih dari PDAM pascabanjir.

Puluhan pasien rawat inap dipindahkan ke RS Aloei Saboe dan rumah sakit lainnya sedangkan pasien yang diangap sudah sembuh dipulangkan. Sementara yang lain minta pulang paksa.

Evakuasi para pasien rumah sakit ini sebenarnya sudah dimulai sejak Selasa (26/10/2016) malam pukul 22.00 Wita, namun setelah itu rumah sakit ini mengalami masalah pasokan air bersih dari PDAM.

“Pasien bayi dan anak tidak dipindahkan karena belum membutuhkan terlalu banyak air bersih, namun pasien lainnya sudah kami pindahkan ke rumah sakit lain,” kata Femmy Lihu,  Kepala Seksi Pelayanan dan Asuhan Keperawatan RS MM Dunda Limboto, Kamis (27/10/2016).

Meski demikian rumah sakit ini masih menerima pasien di Unit Gawat Darurat. Namun setelah diberikan tindakan darurat pasien langsung dirujuk ke rumah sakit lainnya. Layanan pertolongan ini hanya bersifat sementara untuk menegatasi kedaruratan.

Dari data yang dikeluarkan rumah sakit, jumlah total pasien rawat inap sebanyak 177 pasien, pasien yang dirujuk ke RS Aloei Saboe Kota Gorontalo sebanyak 47 orang, ke beberapa rumah sakit dan klinik lainnya 12 pasien, diizinkan pulang 89 pasien, dan pulang paksa 17 pasien.

“Sisa pasien yang masih dirawat di rumah sakit ini adalah 10 orang, 1 orang pasien PICU dan 9 orang pasien NICU,” kata Femmy Lihu.

Kompas TV 15.000 Warga Jadi Korban Banjir di Gorontalo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com