Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengkorak dan Tulang Manusia Ditemukan di Gunung Gede Pangrango

Kompas.com - 26/10/2016, 13:22 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Tim survei gabungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menemukan tengkorak di sekitar punggungan gunung Pangrango sebelah barat, wilayah Resor Bodogol, Sukabumi, Jawa Barat, pekan lalu.

Informasi yang dihimpun dari sumber Kompas.com menyebutkan, tengkorak dan tulang belulang manusia itu diduga berjenis kelamin perempuan. Ada pun tulang belulang yang ditemukan berupa rahang dan kaki.

Tengkorak dan tulang belulang tersebut untuk sementara dikuburkan di sekitar lokasi penemuan. Karena saat itu, tim survey tersebut harus melaksanakan perjalanan menuju Resor Bodogol.

Di sekitar lokasi juga ditemukan celana dalam dan bra yang sudah bercampur lumut serta kalung tengkorak. Tulang belulang itu ditemukan berceceran di sekitar jalan setapak yang sudah tertutup pepohonan.

Juga terdapat dompet kecil yang berisi kartu tanda anggota (KTA) kumpulan arisan pengajian warga Madura-Bekasi Utara.

Selain tulang belulang manusia, tim juga menemukan ransel biru yang sudah hancur.

Tidak jauh dari lokasi penemuan tulang belulang, sekitar 100 meter ditemukan juga pakaian dan celana panjang. Di dalam pakaian tersebut terdapat kartu identitas seorang pria beralamat di Sukabumi.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Balai Besar TNGGP terkait informasi penemuan tengkorak dan tulang belulang ini.

Namun Kepala Resor Bodogol, Tangguh Tri Prajawan membenarkan adanya informasi penemuan tengkorak di wilayah punggungan Gunung Pangrango yang masuk wilayah kerjanya.

Tengkorak manusia itu ditemukan petugas yang melakukan perjalanan sekitar enam hari dari Cibodas, Kabupaten Cianjur ke Bodogol, Sukabumi dan baru tiba Sabtu akhir pekan lalu.

''Ya, saya mendengar informasi tersebut. Namun untuk informasi selengkapnya silakan hubungi pimpinan saya saja,'' jawab Tangguh saat dihubungi Kompas.com melalui telepon selularnya, Rabu (26/10/2016).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com