Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undi Nomor Urut, Dua Calon Gubernur Aceh Saling Lempar Canda

Kompas.com - 25/10/2016, 13:45 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar sidang pleno pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Aceh, Senin (25/10/2016) pagi di ruang utama sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Seluruh pasangan calon sudah hadir sejak pukul 10.00 WIB. Lalu disusul para anggota komisioner KIP Aceh yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Aceh.

Suasana hangat terasa di ruang sidang saat pengundian nomor belangsung. Salah satu bakal calon Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf tampak berkelakar dan bercanda dengan calon gubernur lainnya, Muzakkir Manaf.

Saat Irwandi Yusuf mendapat kesempatan mengambil nomor urut calon, dia mendapat nomor undian 5. Sementara nomor undian yang tersisa, yakni nomor enam, adalah milik Muzakkir Manaf.

“Acak atau tidak, atau kita bagi dua saja?” kelakar Irwandi Yusuf kepada Muzakkir Manaf yang kini menjadi petahana Wakil Gubernur Aceh, Senin (25/10/2016).

Para pengunjung sidang pleno pun tertawa.

Irwandi Yusuf memang pernah menjadi gubernur Aceh pada periode 2007-2012, kemudian kalah pada pemilihan periode 2012-2017.

Sedangkan Muzakkir Manaf kini menjadi wakil gubernur periode 2012-2017 bersama pasangannya, yakni Zaini Abdullah, yang kini juga mencalonkan diri sebagai gubernur Aceh periode 2017-2022.

Ketiganya merupakan petinggi Gerakan Aceh Merdeka. Irwandi Yusuf dan Zaini Abdullah maju melalui jalur perseorangan, sedangkan Muzakkir Manaf maju dengan dukungan partai politik, yakni Partai Aceh dan sejumlah partai nasional lainnya, di antaranya Partai Keadilan Sejahtera.

Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi mengatakan, setelah mendapatkan nomor urut, maka setiap pasangan sudah bisa menyiapkan atribut dan materi kampanye untuk mengikuti tahapan pilkada selanjutnya.

“Tapi aturan atribut dan massa kampanye lainnya harus ikut aturan yang sudah ditetapkan. Jika melaggar, maka mereka sudah bisa mendapat tindakan dari panitia pengawasan pemilih, dan yang petahana juga kita harapkan segera menyerahkan surat cuti dan tidak menggunakan fasilitas negara yang melekat pada dirinya,” imbau Ridwan Hadi.

Nomor urut, sebut Ridwan Hadi, bukan variabel pembeda, tetapi hanya untuk mempermudah pengenalan pasangan.

Adapun nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh yang sudah ditetapkan adalah:

1. Tarmizi Karim - T Muchsalmi (dukungan partai politik)

2. Zakaria Saman - T Alaidinsyah (jalur perseorangan)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com