Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Sepekan, Jalan yang Ambles di Mamasa Belum Juga Diperbaiki

Kompas.com - 24/10/2016, 14:01 WIB
Junaedi

Penulis

MAMASA, KOMPAS.com - Akses jalan sepanjang lebih dari 50 meter yang dibangun di tebing jurang yang menghubungkan Desa Mambulilling dengan Desa Buntuada, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, yang ambles sejak pekan lalu hingga kini tak kunjung dibenahi pemerintah.

Warga berharap, pemerintah setempat segera membangun jalan yang ambles agar warga bisa melintas dan membawa hasil bumi mereka ke kota dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Selama seminggu ini, warga dan anak-anak tetap melintas di jalur ini menggunakan jembatan darurat dari bambu karena jalan alternatif yang bisa dilalui mengharuskan warga berputar dengan jarak yang lebih jauh.

Afdal, salah satu siswa yang setiap hari melintas di jalan ini menga meski cemas dan ketakutan tebing, namun karena tak ada jalan alternatif yang lebih dekat Afdal dan kawan-kawannya terpaks atetap melintasi jalan berbahaya ini.

“Tidak ada jalan dekat Pak dari sini, makanya teman-teman lewat sini,” ujar Afdal.

Lukas, salah satu orangtua siswa, mengaku mencemaskan keselamatan anaknya saat melintas di jembatang tebing ini.

"Berharap pemerintah bisa segera turun tangan membenahi kerusakan jalan agar tidak menimbulkan korban, terutama anak-anak sekolah yang paling rawan" katanya.

Untuk pergi ke sekolah, para siswa SD 008 Buntuada ini memberanikan diri melalui jembatan darurat di atas jalan yang ambles. Tak sedikit juga yang tak berani lalu enggan pergi ke sekolah.

(Baca juga: Demi Bisa Sekolah, Siswa SD Pun Titi Jembatan Bambu di Atas Tanah yang Ambles)

Sementara itu, dua unit rumah yang ada di sekitar tebing jalan rawan ambruk karena tanah di salah satu sisi tebing jalan terus tergerus, terutama saat hujan turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com