Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Orangutan Segera "Dipulangkan" ke Hutan Kutai Timur

Kompas.com - 12/10/2016, 19:46 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation Samboja Lestari di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, segera melepas liar enam orangutan ke hutan Kalimantan Timur di Oktober 2016  ini. Dua dari enam orang itu adalah induk dan bayinya.

Satu individu orangutan lainnya merupakan orangutan yang pernah dilepasliar di tahun 2013, lantas kembali masuk Yayasan BOS untuk pengobatan.

“Kami menjadwalkan pelepasliaran pada 18 Oktober 2016 mendatang. Di antaranya ada Ken yang pernah dilepasliarkan lantas kembali ke sekolah lagi,” kata Suwardi, staf komunikasi BOSF Samboja Lestari, Selasa (18/10/2016).

Pelepasliaran nanti rencananya berlangsung dari Gedung Pemerintah Provinsi Kaltim di Samarinda.

Yayasan BOSF terus mengupayakan merehabilitasi bagi orangutan akibat degradasi hutan. Orangutan dididik untuk mandiri dan memiliki kemampuan bertahan dan berkembang saat waktunya dilepaskan nanti. Setelah melalui pendidikan yang cukup lama, mereka kemudian dilepasliar.

Kini, lebih dari 200 individu orangutan menjalani rehabilitasi di Samboja. Lebih dari 45 orangutan dari Samboja telah dilepas liar ke hutan Kehje Sewen di Kutai Timur sejak 2012. Hutan itu merupakan lahan konsesi PT Restorasi Habitat Orangutan Indonesia yang didirikan oleh Yayasan BOS pada tahun 2009.

Hutan berstatus Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu untuk Restorasi Ekosistem (IUPHHK-RE) bagi pelepasliaran orangutan. Hutan memiliki kemampuan 150 orangutan.

Ken, yang juga turut dilepasliar minggu depan, pernah dilepasliar di Kehje Sewen ini pada 2013 silam. Ken kembali ke Samboja karena menderita sakit cacingan.  Ia terpaksa kembali ke Samboja setelah enam bulan di dalam hutan.

“Tim kami memantau tiap orangutan yang dilepasliar. Ken saat itu lemas terus. Sehingga diputuskan untuk kembali dan dirawat,” kata Suwardi.

Pelepasliaran nanti menjadi bagian dari upaya Yayasan BOS melepasliarkan sebanyak 250 individu orangutan kembali ke habitat alami sampai akhir tahun ini. Upaya yang sama juga berlangsung di salah satu proyek Yayasan BOS ada di Nyaru Menteng di Kalimantan Tengah.

Minggu lalu, delapan orangutan juga sudah dilepasliar ke Taman Nasional Bukit Bakat Bukit Raya (TNBBBR) Katingan di Kalteng.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com