Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Maluku Inginkan Ambon Jadi Embarkasi Antara

Kompas.com - 04/10/2016, 20:43 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Maluku tengah mengupayakan agar Kota Ambon menjadi embarkasi antara bagi para calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah haji.

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, selama ini calon jemaah haji dari Maluku berangkat ke Mekkah melalui Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Calon jemaah dari 11 kabupaten atau kota di Maluku harus lebih dulu menginap di Ambon sebelum terbang ke Makassar. Di Makassar, mereka kembali bermalam beberapa hari sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Said menyatakan bahwa ia telah menyampaikan rencana menjadikan Ambon sebagai embarkasi antara ke Kementerian Agama.

"Saya minta kualitas haji di Maluku itu bisa ditingkatkan. Saya sudah ketemu sama Menteri Agama, terakhir dengan Dirjen Bimas Islam, dan kami mendapat dukungan positif," kata Gubernur Maluku Said Assagaff di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (4/10/2016).

Dengan menjadikan Ambon sebagai embarkasi antara, kata Said, kondisi fisik dan kesehatan para calon jemaah haji asal Maluku tidak akan mudah terserang penyakit.

"Dari Ambon langsung terbang ke Maskasar, di sana hanya ganti pesawat dan bisa terbang langsung ke Tanah Suci," katanya.

Untuk mewujudkan rencan itu, Pemprov Maluku telah menyiapkan lahan seluas 3,3 hektar di Waiheru untuk pembangunan 600 kamar asrama haji. Pembangunannya diharapkan bisa dimulai tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com