Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Busana Muslim Bandung Tembus Malaysia dan Swiss

Kompas.com - 03/10/2016, 08:49 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Empat merek busana muslim asal Bandung melebarkan sayapnya ke Malaysia dan Swiss. Mereka adalah brand Albis, Ethica, MokaMula, dan Delima.

“Bulan ini, store kami buka di Malaysia,” ujar pemilik Albis, Indri di Bandung, Minggu malam (3/10/2016).

Indri menjelaskan, pembukaan gerai di luar negeri sengaja dilakukannya untuk menggenjot penjualan. Pihaknya ingin mengambil pasar luar negeri seluas-luasnya. Apalagi saat ini sudah masuk MEA.

“Omzet kami juga mengalami penurunan di 2014. Kemungkinan karena pasar bebas MEA. Produk-produk China membanjiri Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Albis yang hadir sejak 1999 ini, akan ekspansi ke Brussel, Swiss.

"Setelah Malaysia tepatnya di kota Syah Alam, kita juga kembali buka di Brussel Swiss. Kenapa, karena memang di sana pusat fesyen,” ujarnya.

Ia optimistis, Albis bisa bersaing. Karena Albis memiliki kelebihan dan ciri khas. Yakni pakaian muslim yang diproduksi didesain tanpa menggunakan mesin. Di dalam negeri sendiri, ia akan membuka cabang lagi di beberapa kota. Salah satunya di Palu, Sulawesi.

"Tren fesyen saat ini sudah terkotak kotak. Tiap brand harus punya komunitas. Albis sendiri komunitasnya istri-istri selebritis. Karena itu kita menggandeng Adel istri Pasha Ungu sebagai brand ambassador Albis," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com