Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Kereta Api Semarang-Surabaya Segera Dibuka

Kompas.com - 29/09/2016, 19:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -  PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan rute baru dari Semarang Poncol ke Surabaya (Pasar Turi) pulang pergi setiap hari.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi IV Semarang Edy Kuswoyo mengatakan rute itu diluncurkan menyambut hari jadi ke-71 PT KAI dan akan mulai diberlakukan mulai tanggal 4 Oktober 2016.

Rute baru akan menggunakan KA Ambarawa Ekspres dengan rangkaian delapan gerbong. Satu gerbong berisi 80 tempat duduk hingga berjumlah total 640 tempat duduk. Kursi penumpang nantinya didesain 2-2 atau dua penumpang saling berhadap-hadapan.

"Ini merupakan persembahan yang diberikan perseroan untuk memperingati hari jadi KAI Ke-71," kata Edy di Semarang, Kamis (29/9/2016).

KA Ambarawa Ekspres diluncurkan sekaligus mengenang kisah perjuangan rakyat Ambarawa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Perjuangan rakyat Ambawawa inilah yang kemudian oleh KAI dikenang menjadi nama kereta ini.

Warga pun diminta untuk menikmati pelayanan uang ada di kereta tersebut. Untuk tiket kereta dipatok dengan harga terendah Rp 50.000 dan Rp 80.000 untuk jarak terjauh.

Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 5 jam dengan rangkaian K3 AC. Fasilitas yang ada di gerbong meliputi penyejuk udara, power outlet dan space yang memberikan kenyamanan saat perjalanan.

KA Ambarawa Ekspres melengkapi operasional KA sebelumnya yaitu KA Maharani. Okupansi untuk jalur itu sudah lebih dari 50 persen.

"Jadwal keberangkatan KA Ambarawa Ekspres akan bergantian dengan KA Maharani," tambahnya.

Jadwal kereta dari Semarang Poncol berangkat pukul 07.00 WIB, sedangkan dari Surabaya berangkat pukul 13.00 WIB.

KA ini diproyeksikan akan menampung calon penumpang yang tidak tertampung perjalanan dari kereta sebelumnya. KAI yakin rute ini akan diminati oleh calon penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com