Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telusuri Aset PT KAI, KPK Utus Tim ke Belanda

Kompas.com - 23/09/2016, 20:07 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengutus tim ke Belanda untuk menelusuri keberadaan aset PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Kami sudah kirim tim ke Belanda untuk menelusuri aset PT KAI yang berserakan. Mungkin di sana ada petunjuk," kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, saat acara Ngamen Anti Korupsi di Stasiun Gubeng Surabaya, Jumat (23/9/2016) sore.

Saut mengatakan, kereta api adalah simbol peradaban bangsa Indonesia, Oleh karena itu, pihaknya fokus untuk membantu PT KAI dalam mengumpulkan aset fasilitas umum untuk kepentingan masyarakat. 

Pada tahun 2019, KPK mengejar nilai Indonesia menjadi 50 dalam upaya penanganan korupsi.

"Salah satu poin penilaiannya adalah pemanfaatan fasilitas negara untuk kepentingan umum seperti milik PT KAI," tuturnya.

Saat ini, lanjut Saut, Indonesia hanya mengumpulkan nilai 36, jauh dari nilai yang dimiliki Malaysia yang sudah 50, apalagi Singapura yang mengumpulkan nilai sampai 85.

Dengan menggandeng kelompok musik jalanan, KPK menggelar acara "Ngamen Anti Korupsi" di Stasiun Gubeng Surabaya, tadi sore, untuk menggelorakan kampanye anti korupsi kepada masyarakat di tempat-tempat umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com