Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Yatim Piatu yang Sakit Paru-paru Akhirnya Dapatkan Surat Pernyataan Miskin

Kompas.com - 05/09/2016, 12:02 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Setelah sempat bingung dengan biaya perawatan medis Muhammad Agung (6), bocah yatim piatu yang terserang penyakit paru-paru akut, pihak keluarga akhirnya bisa mendapatkan surat pernyataan miskin (SPM).

Dengan demikian, biaya perawatan Agung selama di RSUD Ibnu Sina, Gresik, Jawa Timur, bakal ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

“Setelah sempat terkatung-katung dan tidak jelas sebelumnya, usaha saya untuk mengusahakan agar Agung memiliki SPM akhirnya terwujud,” tutur paman Agung, Slamet (25), Senin (5/9/2016).

“Senang pastinya mas, karena sesuai dengan pernyataan pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan, dengan surat ini (SPM) maka pengobatan Agung selama di sini akan digratiskan,” lanjutnya.

Sebelumnya, Slamet mengaku, sempat dibinggungkan dalam mengurus SPM untuk Agung. Bahkan, dirinya harus pontang-panting mengurus surat tersebut seorang diri, dan kerap diping-pong oleh instansi terkait lantaran dianggap tidak sesuai kriteria yang mereka tentukan.

“Bahkan untuk biaya administrasi dan beli materai kemarin, semuanya berasal dari uang pribadi saya. Tapi tidak apa-apa, yang penting sekarang Agung sudah mempunyai SPM, yang sangat meringankan beban kami,” ucapnya.

Ke depan, Slamet berharap, Agung bakal mendapatkan perawatan intensif dari tim medis, terkait kondisi yang dialaminya saat ini sehingga nantinya, Agung yang telah ditinggal oleh kedua orangtuanya meninggal dunia dapat kembali hidup normal seperti bocah-bocah yang lain pada umumnya.

“Kasihan Agung, sebab di masa-masa yang harusnya ia bergembira dan menikmati indahnya dunia, justru mendapat cobaan penyakit ini. Terlebih, ia juga tidak lagi mempunyai ayah dan ibu,” ungkap Slamet.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinkes (Kadinkes) Kabupaten Gresik Muhammad Nurul Dholam yang sempat menjenguk Agung juga sempat menyatakan, jika setiap pasien yang telah memiliki SPM, maka semua biaya perawatannya bakal ditanggung oleh pemerintah.

Dia pun menepis anggapan cuci tangan dalam penanganan kasus Agung lantaran pihak keluarga Agung selalu mengeluarkan biaya pribadi sebelumnya, sebab tidak mampu membayar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan buat Agung.

Dholam pun menjamin, pihaknya bakal mengembalikan semua biaya yang telah dikeluarkan oleh keluarga Agung saat mengurus SPM.

(Baca juga: Bocah Yatim Piatu Sakit Paru-paru, Tubuhnya Kurus bagai Tulang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com