Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval HUT RI, Warga Bersepeda Onthel dan Mengarak Hasil Bumi

Kompas.com - 18/08/2016, 09:11 WIB
Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Puluhan warga di Pinrang, Sulawesi Selatan, mengekspresikan semangat kemerdekaan dengan cara bersepeda onthel mengelilingi kota Pinrang, Kamis (18/8/2016). Mereka mengendarai sepeda onthel dengan berseragam batik dan berdandan layaknya tokoh pahlawan nasional.

Karnaval budaya dalam rangka memperingati HUT Ke-71 Kemerdekaan RI ini disambut antusias warga.

Sementara pesepeda onthel, karnaval juga diramaikan oleh ratusan bocah berseragan adat dari berbagai daerah mengarak hasil bumi sambil berkeliling kota.

Karnaval kemerdekaan yang mengusung suasana zaman tempo dulu ini diharapkan bisa membangkitkan semnagat patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi muda agar lebih mengharagai dan mencintai para pahlawan yang telah berjasa terhadap negeri ini.

Para penggemar sepeda onthel mengarak sepedea ontel produksi 1884 hingga 2012.

Aras, anggota komunitas pencinta ontel Pinrang mengaku bangga mengenakan busana layaknya sososk pahlawan nasional sesungguhnya.

“Saya senang dan bangga. Dengan menyaksikan suasana layaknya zaman kemerdekana ini bisa membangkitkan semangat nasionalisme dan rasa cinta kita kepada para pahlawan dan tanah air yang kita cintai,” ujar Aras.

Panitia pelaksana berharap karnaval kemerdekaan ini bisa jadi momentum bagi setiap anak bangsa untuk kembali mengenang jasa para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com