Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Kampung di Aceh Ditetapkan sebagai Kampung Iklim

Kompas.com - 11/08/2016, 06:44 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com - Kampung Kelitu, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah, Aceh, ditetapkan sebagai satu dari empat Gampong Iklim atau Kampung Iklim di Provinsi Aceh. Tiga kampung lain diantaranya Ule Lheu Banda Aceh, Iboih Sabang, dan Saree Aceh Besar.

Penetapan Kampung Kelitu sebagai Gampong Iklim Aceh ditandai dengan penyerahan Prasasti yang sudah ditandatangani Gubernur Aceh Zaini Abdullah oleh Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Aceh Iskandar kepada Reje (Kepala Kampung) Kelitu disaksikan oleh Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, Selasa (9/8/2016).

Menurut Iskandar, penetapan Kampung Kelitu merupakan tindak lanjut dari peluncuran Gampong Iklim tingkat provinsi yang dilakukan oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah pada 26 Mei 2016.

"Kampung Kelitu bersama dengan tiga kampung lainnya di Aceh diharapkan menjadi pilot project sebagai Kampung Iklim yang didukung oleh partisipasi dan perhatian masyarakat terhadap lingkungan," ujar Iskandar.

Untuk mendukung program tersebut, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Provinsi Aceh menyediakan 150 tong sampah, 4 unit bank sampah plastik, dan 5.000 bibit pohon pinus, cemara gunung, dan pucuk merah.

"Pohon yang ditanam nanti harus sampai tumbuh, kita sediakan biaya pemeliharaannya," ucap Iskandar.

Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengatakan, dengan dipilihnya Kampung Kelitu sebagai salah satu Gampong Iklim Aceh, masyarakat setempat dapat memberi contoh sikap menjaga dan melestarikan lingkungan.

"Lingkungan yang kita jaga dan lestarikan bukan hanya untuk saat ini, tapi bagaimana berlanjut dapat dinikmati oleh generasi penerus nanti," ujar Nasaruddin.

Ia mengatakan, kondisi alam Aceh yang subur, sejuk dan indah seharusnya menjadi pelecut bagi masyarakat untuk berusaha lebih baik dalam mengelola sumber daya alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com