Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jabar: Pelaku BPJS Palsu Tergolong Sindikat

Kompas.com - 27/07/2016, 11:25 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Kapolda Jawa Barat Irjen Bambang Waskito memastikan bahwa kasus BPJS palsu dilakukan kelompok sindikat. Sebab, kasus ini tidak bisa dilakukan seorang diri.

“Ya, pasti sindikat. Yang namanya kaya gitu kan nggak mungkin satu orang,” ujarnya di Gedung Sate Bandung, Rabu (27/7/2016).

Saat ini, pihaknya terus mengembangkan kasus tersebut. Begitu kasus itu muncul, ia mengaku langsung mengambil alih dan memerintahkan seluruh Kapolres di wilayah hukum Polda Jabar memonitor di lapangan.

“Setiap ada kejadian seperti ini langsung ambil alih untuk mewaspadai dan perintahkan untuk segera memonitor dan menurunkan bhabinkamtibmas-nya seperti di desa-desa. Siapa tahu ada korban lain di daerahnya,” ucapnya.

Bambang mengungkapkan, pihaknya akan menghadirkan BPJS sebagai pembanding. Mulai dari bagaimana prosedur, persyaratan, dan prosesnya.

“Misalnya, pembuatan BPJS (Kesehatan) membutuhkan KK (kartu keluarga) waktunya berapa hari. Lalu dibandingkan (BPJS palsu), yang penting menyerahkan KTP langsung jadi,” tutupnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan Polres Cimahi, sedikitnya ada 810 kepala keluarga (KK) di tiga desa di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat yang sudah terdaftar sebagai penerima kartu BPJS palsu. Dari jumlah itu, yang sudah menerima kartu BPJS palsu baru 175 KK.

Baca juga: Waspada, Kartu BPJS Palsu Beredar di Kabupaten Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com