Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usut Korupsi Dana BOS Rp 400 Juta, Guru dan Kepsek di Polewali Diperiksa Polisi

Kompas.com - 27/07/2016, 08:44 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Kepala sekolah dan tujuh guru dari SMK DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat, diperiksa petugas Tindak Pidana Korupsi Polres Polewali Mandar terkait dugaan korupsi dana BOS Rp 400 juta, Rabu 27/7/2016).

Pemeriksaan itu terkait dengan adanya sejumlah guru honorer yang tidak menerima gaji selama hampir tiga bulan lantaran bantuan dana BOS Rp 400 juta lebih raib. Para guru honorer yang tak dapat gaji itu juga diperiksa polisi sebagai saksi.

Kaharuddin, salah seorang guru honorer yang ikut diperiksa sebagai saksi, mengatakan, dirinya bersama puluhan guru honorer lainnya yang ada di SMK DDI memang belum menerima gaji selama tiga bulan.

Meskipun gaji mereka ditunggak dan belum dibayarkan selama tiga bulan terakhir, para guru honorer ini tetap melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar. Para guru juga tidak tahu besarnya dana yang diduga dikorupsi.

“Saya tidak tahu persis berapa nilai dugana korupsinya. Saya hari ini diperiksa sebagai saksi,” ujar Kaharuddin.

Kasat Reskrim Polres Polewali Mandar AKP Jeifson Sitorus mengatakan, para guru yang diperiksa hari ini statusnya masih saksi. Sejauh ini telah ada sekitar tujuh orang guru, termasuk kepala sekolah, yang telah dipanggil untuk dimintai keterangan.

“Kami terus melakukan pemeriksaan dengan semua pihak terkait, termasuk kepala sekolah dan guru-guru di sekolah. Namun, sampai hari in belum ada saksi yang diperiksa ditetapkan sebagai tersangka,” ujar AKP Jeifson.

Penyidik kepolisian juga akan terus memanggil sejumlah pihak yang diduga terkait tindak pidana korupsi bernilai ratusan juta rupiah di sekolah SMK DDI Polman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com